SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Corporate Identity Tlogomas Water Park di Kota Malang

Sandy Fierdiansah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fierdiansah, Sandy. 2017.“Perancangan Corporate Identity Tlogomas Water Park di Kota Malang”. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D.

 

Kata kunci: Corporate Identity, Tlogomas Water Park

 

Tlogomas Water Park merupakan salah satu tempat wisata yang sudah berdiri sejak 1987, dan belum mempunyai Corporate Identity yang dapat mencitrakan visi dan misi perusahaan Tlogomas Water Park. Berdasarkan pada hal tersebut, maka perancangan ini bertujuan untuk melakukan perancangan Corporate Identity perusahaan dan atribut pendukung serta media aplikasi Corporate Identity sebagai salah satu upaya optimalisasi pemasaran dalam memperkuat brand image perusahaan sebagai industry tempat wisata kepada masyarakat umum selaku target audience.

Perancangan menggunakan model perancangan prosedural dan sistematika dari Alina Wheeler yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuan lapangan.Dan ditunjang dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan analis SWOT data dikumpulkan.

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi data, wawancara dan studi dokumentasi sebagai cara penelitian untuk mendapatkan data perusahaan terkait dan kompetitor. Analisis data dilakukan dengan menggunakan sistem content analysis.

Hasil dari perancangan ini berupa sebuah corporate identity dan media aplikasi corporate identity tersebut dalam buku pedoman sistem identitas (Graphic Standard Manual), serta pengaplikasiannya pada media terkait. Dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan logo dan identitas perusahaan. Hasil perancangan diharapkan dapat memperkuat brand image perusahaan sebagai tempat wisata kepada masyarakat umum selaku target audience.