SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN KATALOG DIGITAL PRODUK KOSMETIK ‘ORIBU’ SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Rizaldhy Ari Novianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Produk Kosmetik Oribu merupakan produk kosmetik hipoalergenik yang hadir pertama kali di Kota Malang. Elladerma Skin Care menjadi perusahaan  yang menjadi distributor resmi produk Kosmetik Oribu. Sebagian besar konsumen kosmetika di Kota Malang belum mengetahui adanya produk kosmetik hipoalergenik. Perancangan media promosi berupa katalog digital merupakan upaya yang tepat untuk memperkenalkan dan menawarkan produk Kosmetik Oribu, promosi bertujuan agar menarik calon konsumen, serta mempertahankan para pelanggan agar tidak beralih ke produk kosmetik lain.

Katalog merupakan daftar, kartu, maupun buku yang memuat nama benda atau informasi tertentu yang ingin disampaikan, disusun secara berurutan, teratur. Katalog yang digunakan dalam media promosi produk Kosmetik Oribu adalah katalog digital. Katalog digital merupakan bentuk elektronik dari katalog cetak, katalog digital akan dimuat dalam format PDF (Portable Document Format), yang mudah untuk dipublikasikan, bahkan melalui smartphone sekalipun.

Katalog digital akan dirancang sesuai dengan kebutuhan dan mengacu pada kaidah-kaidah desain. Metode yang digunakan dalam perancangan katalog digital ialah metode perancangan prosedural, yang diawali dengan kegiatan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari kegiatan pengumpulan data, akan didapatkan data-data untuk kemudian dilakukan tahap analisis data.

Hasil dari analisis data berupa konsep desain yang memuat pesan verbal dan visual, serta strategi kreatif. Konsep desain yang telah dirancang kemudian divisualisasikan ke dalam media promosi yang telah ditentukan, berupa katalog digital, brosur, iklan instagram, header facebook, leaflet, iklan majalah, dan x-banner. Dengan adanya hasil dari perancangan media promosi kali ini, diharapkan produk Kosmetik Oribu dapat menarik konsumen dan dapat bertahan serta bersaing di pasaran.