SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kaligrafi Arab Lafadz Basmallah sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis Modern

AHMAD IQOMUDDIN .

Abstrak


ABSTRAK

 

Iqomuddin, Ahmad. 2017. Kaligrafi Arab Lafadz Basmallah sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis Modern. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Triyono Widodo, M.Sn.

 

Kata Kunci: Kaligrafi, Lafadz Basmallah, Penciptaan, Karya Seni lukis Modern

 

Kaligrafi atau khatth baku merupakan ketetapan cara penulisan dan aturan-aturan dalam tulisan arab yang dipatenkan. Dalam kaidah kaligrafi pada umumnya awal penulisan diawali dengan mempelajari cara pembuatan titik sebagai dasar dari penulisan huruf. Titik yang berbentuk persegi yang khas pada tulisan Arab menjadi tolak ukur besar, kecil, panjang, pendek lebar, dan proporsi tulisan. Semua huruf mengikuti kaidah baku kaligrafi yang telah ada dan diijazahkan dari para khattath. Berdasarkan inilah pencipta memiliki ide untuk mengangkat proses dan teknik menciptakan kaligrafi Arab dalam karya seni lukis modern. Oleh karena itu, penciptaan dalam skripsi ini mengangkat tentang kaligrafi Arab lafadz Basmallah dan mewujudkannya dalam visual seni lukis modern.

Penciptaan karya seni lukis ini terdiri dari beberapa prosedur penciptaan, diantaranya: menentukan objek dan tema yang akan dituangkan pada lukisan. Proses dilanjutkan menentukan karakteristik karya, menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Dalam mewujudkan karya, selanjutnya pencipta menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan selama proses penciptaan. Langkah selanjutnya mulai melakukan sketsa pada kertas. Tahapan utama selanjutnya melakukan pewarnaan pada kanvas dengan cat akrilik. Dalam pewarnaan pencipta menggunakan teknik sapuan kuas dan sapuan pisau kapi. Selanjutnya dilakukan pewarnaan objek kaligrafi hingga melakukan finishing pada karya.

Pencipta  menampilkan enam kaligrafi Arab dengan media estetik berupa garis, bentuk, dan warna, serta tekstur sebagai wujud karya seni lukis modern. Menggunakan karakteristik karya berupa objek kaligrafi Arab lafadz Basmallah, dengan paduan warna panas dingin. Dengan mengangkat tema kaligrafi Arab lafadz Basmallah, diharapkan dapat memberikan pesan moral religius agar umat manusia, khususnya umat Islam selalu mengingat Allah SWT.

Dengan hasil penciptaan kaligrafi Arab dengan visual karya seni lukis modern ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pencipta maupun semua orang dalam mengimplementasikan kaligrafi Arab dengan visual karya seni lukis modern, mulai dari perancangan konsep, hingga proses visualisasi karya dan deskripsi karya. Sehingga seni kaligrafi Arab dapat terus dilestarikan dan berkembang sebagai sarana syiar Islam.