SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARANRAGAM HIAS MELALUIPENDEKATAN PAIKEM DENGANMODEL PEMBELAJARAN“PICTURE TO PICTURE” KELAS XB2 TATA BOGA SMKN 3 PROBOLINGGO

muhammad royyan suryana

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryana,Muhammad Royyan. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Ragam Hias Melalui Pendekatan Paikem dengan Model “Picture To Picture” kelas X B2 Tata Boga SMKN 3 Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Tjitjik Sri wardhani, M.Pd.

Kata kunci: hasil belajar, ragam hias, “picture to picture”, SMK.

 

Metode pembelajaran sangatlah penting dalam upaya peningkatan hasil belajar. Pembelajaran di SMK 3 Kota Probolinggo masih menggunakan metode ceramah yang tergolong metode yang pasif untuk peserta didik yang mana berimbas pada hasil belajar peserta didik. Maka denganitudilaksanakannyapenelitiantindakankelasgunamencaritahusejauhmanahasilbelajarpesertadidikdapatditingkatkandenganmetodepembelajaran“picture to picture”.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan paikem dengan metode “picture to picture” yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X B2 SMKN 3 Probolinggo pada materi ragam hias. Penelitian Tindakan Kelas dirancang dalam dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas X B2 SMKN 3 Probolinggo sejumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes,dan dianalisis secara deskriptif menggunakan presentase (%) berdasarkan hasil nilai yang didapat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana pada siklus 1 terdapat beberapa kekurangan yang kemudian harus diperbaiki pada siklusII, pada siklus II terdapat peningkatan sehingga siklus dihentikan.

Hasil penelitian merupakan hasil nilai tugas peserta didik pada materi ragam hias dengan metode pembelajaran “picture to picture”berdasarkan indikator penilaian yang dalam rencana pembelajaran. nilai dengan kategori sangat baik pada siklus I sebesar 7,1%, kategori baik pada siklus I sebesar 35,2%, kategori cukup baik pada siklus I sebesar 50% dan kategori cukup pada siklus I sebanyak  10,7%. Pada siklus II nilai kategori sangat baik pada siklus II sebesar 14,2%,dengan kategori baik pada siklus II sebesar 53,5% , nilaikategoricukuppadasiklus II sebesar 25%. Nilai dengan kategori kurang pada siklus II sebesar 7,1%.”. pada siklus I memiliki rata - rata nilai sebesar 75,1% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata - rata 79% dengan peningkatan sebesar 4 %. Disamping hasil tes tugas, peserta didik juga mengalami peningkatan pada tugas menggambar ragam hias pada siklus II yang mana terdapat peningkatan corak ragam hias yang lebih bervariasi dibandingkan tugas menggambar ragam hias pada siklus I.

Berdasarkanpaparan data dapat disimpulkan pemilihan metode pembelajaran“picture to picture”dapat meningkatkan hasil belajar. Secara keseluruhan peningkatan hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II hasil nilai tugas pada peserta didik pada materi ragam hias dengan metode pembelajaran“picture to picture”pada siklus I memiliki rata - rata nilai sebesar 75,1% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata - rata 79% dengan peningkatan sebesar 4 %. Akan lebih baik bila melakukan persiapan dan melakukan penguatan materi sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah daripada yang dilakukan oleh peneliti.