SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan media pembelajaran gambar ilustrasi berbasis e-book bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang

mohamad fauzi aljabari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mohamad Fauzi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Ilustrasi Berbasis E-Book Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (II) Mitra Istiar Wardhana, S.T, M.T.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, e-book, gambar ilustrasi

 

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan media berbasis e-book yang efisien diterapkan pada mata pelajaran gambar ilustrasi di SMP Negeri 15 Malang. Pengembangan ini dilakukan karena melihat kejadian di lapangan yang mana guru di SMP Negeri 15 Malang masih menggunakan media pembelajaran yang biasa sehingga kurang menarik minat siswa untuk belajar.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development ( R n D ). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP negeri 15 Malang yang terdiri dari 2 uji coba. Yaitu uji coba kelompok kecil dengan jumlah peserta didik 5 siswa, dan uji coba kelompok besar berjumlah 30 siswa. Objek penelitian e-book untuk kelas VIII SMP negeri 15 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah e-book gambar ilustrasi.

Hasil pengembangan e-book diperoleh dengan spesifikasi diantaranya jenis huruf Gisha ukuran 14, dengan warna dominan hitam, dilengkapi dengan gambar ilustrasi pendukung, dilengkapi dengan audio, dilengkapi juga dengan materi gambar ilustrasi dengan praktik menggambar ilustrasi dari teman sendiri. Media e-book sendiri bisa dioperasikan oleh siswa. Media mencakup konten video tutorial yang jelas sehingga siswa mudah untuk belajar menggambar ilustrasi.

Saran dari penulis apabila ada pengembang lain yang akan mengembangkan media ini hendaknya menjabarkan materi sedikit lebih banyak agar lebih jelas dan mudah dipahami, gambar penunjang materi lebih baik menggunakan karya sendiri, dan penambahan video tutorial yang lebih banyak agar lebih lengkap dan mempermudah peserta didik dalam belajar.