SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT DAN MODEL EDITING BERKARYA FOTOGRAFI PENGURUS UKM “HIMAFO” ANGKATAN 33 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ryan Dwi Antoni

Abstrak


ABSTRAK

 

ABSTRAK

 

Antoni Ryan Dwi. 2017. Hubungan media sosial instagram terhadap minat dan model editing berkarya fotografi pengurus UKM HIMAFO angkatan 33 universitas negeri malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Triyono Widodo, M. Sn. (II) Ike Ratnawati, M.Pd.

 

Kata Kunci: Instagram, minat dan model berkarya, fotografi.

 

Media sosial instagram sedang trend digunakan karena mempunyai fitur yang menarik dengan mengandalkan layanan pengunggahan video berdurasi pendek dan foto untuk membagikan momen ataupun membagikan suatu bentuk kreativitas. Instagram kini tidak hanya menjadi kecenderungan, akan tetapi juga mempengaruhi cara membidik karya fotografi yang berpengaruh pada minat masyarakat untuk menekuni bidang fotografi. Instagram adalah salah satu media untuk memamerkan hasil karya-karya fotografi, yang mana akan mendapat apresiasi dari masyarakat yang melihat melalui like dan comment, hal tersebut secara tidak langsung dapat menginspirasi dan mempengaruhi gaya berkarya fotografi para pecinta fotografi karena melihat berbagai hasil karya yang dibagikan di instagram. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan media sosial instagram terhadap minat dan model berkarya fotografi anggota UKM HIMAFO angkatan 33. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisa deskriptif. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data melalui wawancara yang menggunakan kuisioner. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah uji validitas reliabilitas, uji korelasi, Rank spearman yang terdiri dari uji koefisin koreasi, koefisien determinai, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu, media sosial instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berkarya fotografi anggota UKM HIMAFO angkatan 33, pengaruh tersebut yaitu sebesar 46,5%, dan sebanyak 53,5 anggota menggunakan media sosial instagram untuk keperluan lain selain berkarya. Media sosial instagram juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap model berkarya fotografi anggota UKM HIMAFO angkatan 33, model berkarya fotografi yang terdiri dari indikator aplikasi editing foto pada smartphone, dan proses editing. Aplikasi editing foto yang paling sering digunakan adalah snapseed. Pengaruh media sosial instagam terhadap model berkarya fotografi adalah sebesar 50,1% dan 49,9% tidak menggunakan model berkarya (editing foto) untuk mengunggah karya fotografi ke instagram. Media sosial instagram berpengaruh secara signifikan terhadap minat dan model berkarya fotografi, atau dalam artian lain memiliki korelasi yang sangat kuat dan pengaruh media sosial instagram terhadap minat dan model berkarya fotografi anggota UKM HIMAFO angkatan 33 adalah sebesar 65,1%. 34,9% anggota UKM HIMAFO angkatan 33 menggunakan media sosial instagram diluar dari faktor minat dan model berkarya.