SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Visualisasi Motif Batik Buket Ceprik Pacit Ungker Di Batik Gajah Mada Tulungagung

Muhammad Yusuf Nur Cahyono

Abstrak


ABSTRAK

Cahyono, Muhammad, Yusuf, Nur. 2017. Analisis Visualisasi Motif Batik Buket Ceprik Pacit Ungker Di Batik Gajah Mada Tulungagung.Skripsi, JurusanSenidanDesain, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. DidiekRahmanadji, M.Pd, (II) Ike Ratnawati, Spd,M.Pd.

 

Kata Kunci:Motif, Batik Buket Ceprik Pacit Ungker, Gajah Mada Tulungagung

Batik diciptakan hampir diseluruh daerah dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah batik Buket Ceprik Pacit Ungker yang menjadi motif kebanggan Kabupaten Tulungagung, Karena batik Buket Ceprik Pacit Ungker adalah pengembangan dari motif batik Sekar Jagat Rante yang menceritakan Nuansa Tulungagung pada zaman dahulu. Maka dari itu dilakukan penelitian ini agar dapat dikenal hingga seluruh penjuru nusantara.

Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dipaparkan merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di batik Gajah Mada terkait motif batik Buket Ceprik Pacit Ungker. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, peneliti sendiri. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, dilakukan perpanjangan masa pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.

            Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil sebagai berikut: (1) Motif batik Buket Ceprik Pacit Ungker merupakan pengembangan dari motif batik Sekar Jagat Rante yang merupakan motif tradisional atau motif keturunan leluhur. (2) Desain motif batik Buket Ceprik Pacit Ungker menggunakan teknik stilasi dan banyak menggunakan bentuk non-geometris. (3) Batik Buket Ceprik Pacit Ungker dalam kajian teori estetik keserasian warna sudah bagus tetapi keseimbangan masih kurang.

            Dari Hasil Penelitian yang telah dilakukan ada beberapa saran yang peneliti ajukan diantaranya adalah peran generasi muda dan pemerintah terhadap perkembangan batik Buket Ceprik Pacit Ungker sehingga batik ini bisa berkembang dan banyak dikenal. Dan adanya penelitian lebih lanjut tentang batik-batik khas Tulungagung.