SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan History Book Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Era 1980-1990

Achmad Fachrurrozi Rochman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rochman, Achmad Fachrurrozi. 2017. Perancangan History Book Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Era 1980-1990. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M.Hum, (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn.

           

Kata Kunci: History Book, Tim Nasional, Sepak Bola

 

            Peristiwa sejarah tim nasional sepak bola Indonesia yang terjadi di tahun 1980-1990 banyak didokumentasikan ke dalam foto, video, buku dan majalah yang terbit pada saat itu. Namun, karena tuanya umur dari media dokumentasi, menjadikan data-data yang memuat tentang masa kejayaan tim nasional Indonesia pada tahun tersebut sulit dicari. Tidak hanya usianya yang sudah lama, tetapi sedikitnya jumlah referensi yang memuat tentang tim nasional Indonesia membuat data-data sejarah tim nasional sepak bola Indonesia menjadi semakin langka. Hal ini menyebabkan kurangnya antusiasme dan minat baca terhadap informasi sejarah. Salah satu cara menarik perhatian masyarakat untuk lebih giat membaca, khususnya untuk generasi muda adalah dengan memunculkan konten visual di dalam history book.

                        Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan Yongki Safanayong. Mode perancangan tersebut digunakan dimulai dari riset dan identifikasi masalah, pengumpulan data perancangan yang meliputi data primer dan sekunder, analisis data dilanjutkan dengan sintesis data, penentuan strategi komunikasi yang meliputi segmenting, targeting, positioning, tone and manner, serta strategi komunikasi langkah selanjutnya yang dilakukan adalah proses visualisasi media yang diawali dengan ide awal dilanjutkan dengan proses comprehensive design hingga final design, dan terakhir adalah tahap finishing yakni proses produksi dalam proses cetak menjadi real media. Data perancangan ini diperoleh dari wawancara dan pengumpulan data-data buku. Perangkat lunak yang dipakai, antara lain Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Indesign CS6. Proses produksi history book ini hampir sama dengan proses pembuatan buku grafis pada umumnya, yaitu pembuatan sketsa manual, layouting dan finishing.

   Hasil akhir dari proses perancangan ini adalah berupa media utama history book tim nasional sepak bola Indonesia era 1980-1990 yang berbasis buku grafis. Perancangan ini juga disertai media pendukung sebagai sarana promosi terhadap target audience yang berupa poster, pembatas buku, player card, x-banner dan kalender. Dengan adanya history book ini diharapkan para penggemar sepak bola khususnya para generasi muda dapat menghargai perjuangan para legenda tim nasional sepak bola Indonesia dan dapat dinikmati sebagaimana mestinya serta memberi wawasan lebih tentang sejarah masa kejayaan tim nasional Indoenesia.