SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PerancanganKatalog Wisata Visit Malan gSebagai Media Promosi Berbasis Fotografi.

Siswanto Adi Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Siswanto, AdiPratama. 2017. PerancanganKatalogWisata Visit MalangSebagai Media PromosiBerbasisFotografi. Skripsi, JurusanSenidanDesain, Fakultas Sastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: GunawanSusilo, S.Sn, M.Sn, MitraIstiarWardhana, S.Kom, M.T.

 

Kata kunci: Katalog, Wisata, Promosi, Fotografi

 

Visit Malang adalahsalahsatuajakanuntukmengunjungisuatutempatkususnyawisata yang terletak di Kota Malang. Visit Kota Malangakanmengajakuntukmenujusuatu Kota khususnya di Kota Malang, yang memilikibeberapawisata yang menariksepertikampungwarna-warnijodipan, alun-alunkota Malang, museum brawijaya, museum bentoel, balaikota Malang, kampungtopeng, candibadut, tamanslamet, tamanmerjosari, hutankotamalabar

Perancangan Katalog Wisata Visit Malang Sebagai Media PromosiUntuk Meningkatkan Jumlah Wisatawanini menggunakan model perancangan prosedural, model yang bersifat deskriptif, dimana menggariskan langkah – langkah yang diikuti untuk menghasilkan sebuah produk (Tim Penyusun Pedoman Karya Ilmiah, 2010:47). Selain model proseduraldalamsuatuperancanganada juga model konseptualyaitu model yang bersifatanalistis yang memberikankomponen- komponenproduk yang akandikembangkansertaketerkaitanantarkomponen.

Berjudul “PerancanganKatalogWisata Visit Malang Sebagai Media PromosiBerbasisFotografi” menghasilkanproduk media cetakberupaKatalogberkonseppromosi. DenganspesifikasiDesain yang menarik, sekitar20lembar. Software yang digunakan Adobe Photo Shop C6 2017. Katalogdapatdiakses di dinasPariwisatadantempattourist center. Serta duaprodukpendukungyakni, balihodan sticker.

Berdasarkanhasilperancangandapatdisimpulkanbahwasebelummerancangmedia promosidiperlukanpenelitiansebagaisumber data dalamperancangan. Penilitian yang dilakukanterkaitdenganpermasalahan yang ingindiselesaikandan target audienceataucalonwisawatan. Denganmelakukanresearch, memudahkankitadalammembuatperancanganuntukmenyelesaikanpermasalahan yang ada. Perancanganinitelahditampilkan pada media sosial danmendapatkanapresiasi yang baik dari audience. Media ini sebaiknyaditunjukankepadamasyarkatsebagai media promosi.