SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Video Iklan Wisata Visit Kota Malang Sebagai Media Promosi

Haqqi Al Muzaqqi

Abstrak


ABSTRAK

 

Haqqi, Almuzaqqi. 2017. Perancangan Video Iklan Wisata Visit Kota Malang Sebagai Media Promosi. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn, Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T.

 

Kata kunci: Perancangan, Video Promosi, Wisata Visit Kota Malang, Meningkatkan Jumlah Wisatawan

 

Kota Malang adalah tempat wisata yang terletak di Kota Malang. Wisata Visit Kota Malang ini adalah salah satu wisata di kawasan Kota Malang. wisata dengan beberapa tempat seperti kampung warna-warni jodipan, alun-alun kota Malang, museum brawijaya, museum bentoel, balai kota Malang, kampung topeng, candi badut, taman slamet, taman merjosari, hutan kota malabar.

Perancangan Video Promosi Wisata Visit Kota Malang Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan ini menggunakan model perancangan oleh Fred Wibowo. Langkah-langkah model ini adalah pra produksi, produksi dan pasca produksi. Model tersebut menggambarkan tahapan langkah-langkah kerja secara prosedural. Pada tahap pra produksi dilakukan pengumpulan data client dan data lapangan. Pada tahap produksi dilakukan shooting. Pada tahap  pasca produksi dilakukan editing dan rendering.

Dengan judul “Perancangan Video Iklan Wisata Visit Kota Malang Sebagai Media Promosi” menghasilkan sebuah produk yaitu video sebagai media utama dan juga sticker dan brochure. Dengan spesifikasi masing-masing format video 1280 x 720 pixel berdurasi kurang lebih 1:35 menit. Software yang digunakan Adobe premiere CS 6, Adobe After Effects CS6 dan Adobe Photosop CS6. Dua produk pendukung yang berupa sticker dan brochure.

Berdasarkan hasil perancangan dapat disimpulkan bahwa sebelum merancang media promosi diperlukan research sebagai sumber data dalam perancangan. Research yang dilakukan terkait dengan permasalahan yang ingin diselesaikan dan target audience atau calon wisawatan. Dengan melakukan research, memudahkan kita dalam membuat perancangan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Perancangan ini telah ditampilkan pada media sosial dan mendapatkan apresiasi yang baik dari audience. Media ini sebaiknya ditunjukan kepada masyarkat sebagai media promosi.