SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI MENGENAI PANDUAN TEKNIK PERSIAPAN DALAM MENDAKI GUNUNG BERBASIS MOTION GRAPHIC SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN

Ikhsan Dani Vianto

Abstrak


ABSTRAK

Vianto, Ikhsan Dani.  2017. Perancangan Media Informasi Mengenai Panduan Teknik Persiapan Dalam Mendaki Gunung Berbasis Motion Graphic Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keselamatan. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn dan Dimas Rifqi Novica, S.Sn, M.Ds.

 

Kata Kunci: Mendaki Gunung, Animasi, Motion Graphic,

 

Persiapan dalam mendaki gunung merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi berbagai macam bahaya maupun kecelakaan yang terjadi setiap saat, maka dari itu dibuat sebuah media informasi mengenai panduan teknik persiapan dalam mendaki gunung berbasis motion graphic dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan dan meminimalisir bahaya yang terjadi saat melakukan kegiatan mendaki gunung. Dalam perancangan media informasi ini menggunakan hasil akhir berupa animasi, yaitu sekumpulan dari beberapa gambar yang bergerak dan menciptakan sebuah ilusi sehingga seolah-olah gambar tersebut dapat hidup. Animasi yang dipakai dalam produk perancangan ini adalah animasi berbasis motion graphic, yaitu percabangan dari seni desain graphics yang merupakan penggabungan dari ilustrasi, tipografi, fotografi dan videografi dengan menggunakan teknik animasi.

Model perancangan yang digunakan diambil dari buku yang dikarang oleh Jason Lankow (2012), yaitu Infografis, kedahsyatan cara bercerita visual, yang digunakan sebagai acuan dan tahapan proses dalam perancangan produk media informasi.

Hasil dari perancangan yaitu menghasilkan media informasi mengenai panduan teknik persiapan dalam mendaki gunung berbasis motion graphic yang terbagi kedalam empat bagian dengan durasi satu menit yang ditujukan kepada masyarakat yang akan melakukan kegiatan mendaki gunung, terdapat juga media pendukung yang terdiri dari media online, seperti youtube, facebook, instagram, dan juga media offline seperti banner, poster, atau mini x-banner.