SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN DESAIN KARAKTER 10 DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS BERBASIS “MITOS”LOKALMELALUI TEKNIK DIGITAL PAINTING DALAM BENTUK MEDIA ARTBOOK

Firmansyah Putra Pratama

Abstrak


ABSTRAK

Putra Pratama, Firmansyah. 2017. Perancangan Desain Karakter 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Berbasis Mitos Lokal Melalui Teknik Digital Painting Dalam Bentuk Media Artbook dalam bentuk media artbook yang Di Inspirasi dari Kearifan Lokal. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd.(II) H.J. Hendrawan S.Sn,M Ds

 

 

Kata Kunci: Perancangan, Karakter, destinasi, pariwisata, mitos.

 

Pemerintah telah menetapkan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas pengembangan pada 2016. Joko Widodo dan Jusuf Kalla giat mempromosikan destinasi wisata Indonesia dengan tagline Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia. Untuk mengejar target jumlah wisatawan asing itu, pemerintah memprioritaskan 10 destinasi wisata yang disebut sebagai 10 Bali Baru. Istilah Bali Baru hanyalah kiasan dan dimaksudkan untuk memberi tekanan agar 10 destinasi wisata itu memiliki peforma yang sama dengan Bali dalam menggaet turis. merinci kesepuluh daerah yang dimaksud adalah Danau Toba Sumatera Utara, Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), Morotai Maluku Utara,Tanjung Lesung Banten, Labuan Bajo NTB, Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Wakatobi Sulawesi Tenggara, Kepulauan Belitung, dan Jogjakarta.

Perkembangan Industri kreatif tidak lepas dengan perkembangan teknologi yang terus diperbarui. Produk Desain Karakter telah menjadi kebutuhan umum bagi setiap manusia, mulai dari segi kebutuhan pendidikan hingga untuk hiburan, hal ini membuka peluang yang besar bagi pengembang konten kreatif untuk menciptakan produk Desain Karakter yang dapat bersaing di era modern saat ini. Unsur penting yang harus diperhatikan dalam perancangan produk Desain Karakter berbasis cerita adalah konsep dari desain karakter. Visualisasi desain karakter yang unik dan menarik akan memperkuat penokohan karakter sehingga cerita yang disampaikan akan menjadi lebih menarik           oleh karenanya perancangan sebuah Desain Karakter yang baik diawali dari penciptaan konsep karakter yang ideal menggunakan metode blackbox guna menghasilkan konsep dengan nilai originalitas yang tinggi.

Sistematika perancangan yang digunakan adalah model perancangan deskriptif prosedural, yaitu model perancangan yang mengikuti langkah-langkah yang harus diikuti guna menghasilkan suatu produk, perancangan ini menggunakan prosedur yang dikembangkan oleh Bruce Archer yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perancangan. Hasil dari perancangan ini adalah Artbook atau sebagai media utama yang dirancang untuk menyampaikan konsep Desain Karakter berjudul Perancangan Desain Karakter 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Berbasis Mitos Lokal Melalui Teknik Digital Painting Dalam Bentuk Media Artbook, konten yang terdapat dalam Artbook meliputi konsep cerita, konsep karakter, konsep karakter, dan konsep item. Melalui hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi produk turunan berupa game dan animasi.