SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan media pembelajaran berbasis infografis melalui meida sosial instagram untuk mata pelajaran produktif multimedia nkelas XI di SMK Negeri 04 Malang

bigi setia

Abstrak


ABSTRAK

 

Bigi, Setia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Infografis Melalui Media Sosial Instagram Untuk Kelas XI Multimediadi SMKN 04 Malang. Skripsi, JurusanSenidanDesain, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. DidiekRahmanadji, M.Pd (II) Andreas SyahPahlevi, M.Sn

 

Kata Kunci: media pembelajaran, Infografis, Instagram

 

Media pembelajaransangat diperlukan untuk menunjang dan mendukung proses pembelajarandanberkembangseiringdenganperkembanganteknologi era digital. Berbagai media dapatdijadikan media pembelajaran, salahsatunyamelalui media sosial.Instragramadalahsalah satu media sosial yang fenomenaldanbanyakdiminatidikalangan pelajar.Penggunaan media sosialInstagramsebagai media pembelajaran, akanmemudahkanpelajardalammengaksesmateri yang disampaikandalam media tersebut.

Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmembuat media pembelajaran yang efektifdanmudahdiaksessiswa. Media pembelajaraniniberbasisInfografisberisimateripelajaranProduktif Multimedia melalui media sosialInstagram. Pengembanganinidilakukankarenamelihatkeadaan di SMK Negeri 04 Malang yang belummempunyai media pembelajaran yang sesuaibagisiswakelas XI Multimedia terlebihuntuksiswa yang sedangmelakukanPrakerinatauPraktekKerjaIndustri.

Penelitianinitermasukpenelitian Research and Development (RnD). Pengembanganinimenggunakanujicobakelompokkecildanujicobaahlidengansubyeksiswakelas XI SMK jurusan Multimedia di SMK Negeri 04 Malang. Teknikpengumpulan data menggunakanteknikobservasi, wawancara, danangket. InstrumenutamadalampenelitianiniadalahInfografismateridesaingrafis.

Hasilpengembangan media pembelajarandiperolehdenganspesifikasidiantaranyaadalahInfografis yang berisimateridesaingrafisdengan sub babelemendesaindanprinsipdesainbesertacontohdalamsetiapmaterinya. Infografisiniselanjutnyaakandiunggahpada media sosialInstagramdengantambahancakupanmateripadasetiapcaptionatauketeranganpadapostinganInstagram.

Saran daripenulisapabilaadapengembang lain yang akanmengembangkan media ini, hendaknyamenambahkancakupanmateripadaketeranganpostinganInstagramdanmempermudahbahasa yang digunakanuntukmempermudahpemahamansiswaselakupenggunadari media pembelajaran.