SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Ilustrasi Pernikahan Melayu Riau Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Daerah

Septi Widya Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Septi Widya. Perancangan Buku Ilustrasi Pernikahan Melayu Riau Sebagai Upaya Untuk Melestarikan Budaya Daerah. Skripsi, Program Studi         Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Drs. Sarjono, M.Sn. (2)Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd.

 

Kata Kunci: Perancangan, Buku Ilustrasi, Pernikahan, Melayu, Riau,Pelestarian, Budaya Daerah

 

Melayu Riau merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Budaya yang berkembang dalam masyarakat melayu sangat kental dan sakral. Dalam tradisi Melayu Riau sendiri, ada ungkapan "Tak kan Melayu Hilang di Bumi” yang digunakan untuk menunjukkan keyakinan masyarakat Melayu akan adat-istiadat dan budayanya. Pentingnya adat-istiadat bagi orang Melayu Riau tergambar dari ungkapan lain, yaitu "Biar Mati Anak, Jangan Mati Adat" atau "Biar Mati Istri, Jangan Mati Adat". Semua ungkapan itu diucapkan secara turun-temurun dan telah mendarah-daging bagi orang Melayu Riau, baik yang menetap di Riau maupun di perantauan. Akan tetapi, tradisi pernikahan adat hanya memiliki cacatan lisan dari para tetua dan diturunkan kepada generasi selanjutnya, dan kurangnya literatur mengenai pelaksanaan prosesi pernikahan Melayu Riau serta tidak tersedianya informasi mengenai hal tersebut di web resmi kebudayaan Riau. Sehingga menimbulkan perkembangan budaya yang bercampur dengan budaya lain seperti budaya Jawa. Maka diperlukan perhatian dari pemerintah daerah  dan masyarakat setempat untuk dapat lebih mengenalkan dan melestarikan potensi kearifan lokal.

Perancangan buku berisi informasi dan ilustrasi cat air prosesi pernikahan Melayu Riau. Ilustrasi  memiliki kekuatan tersendiri dalam penyajian sebuah informasi, situasi yang terekam dari pengamatan illustrator dapat membuat  orang lain ikut melihat dan mempelajari informasi visual dengan kesan yang berbeda secara efektif. Dibandingan dengan hasil pemotretan, ilustrasi dapat mengempasis bagian-bagian tertentu yang dianggap penting saja. Cat air sendiri memiliki karakteristik transparan. Warna yang dihasilkannya juga cenderung natural, dan lembut..

Perancangan menggunakan model perancangan yang telah dikembangkan dari Sadjiman Ebdi Sanyoto. Jenis data berupa data kualitatif yakni data yang diperoleh dari berbagai sumber seperti wawancara, observasi, dokumentasi maupun pustaka yang kemudian direduksi hingga menghasilkan sintesis sebagai acuan untuk merancang buku ilustrasi pernikahan melayu riau.

Final design perancangan media utama berupa buku ilustrasi, media pendukung seperti poster, leaflet, dan brosur, serta merchandise berupa postcard, dan stiker