SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aplikasi Berbasis Andoid Tentang Candi-Candi di Malang Raya Untuk Meningkatkan Wisata Budaya

Tirta Aditya Siswanto

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Siswanto, Tirta, Aditya, 2017. Aplikasi Berbasis Andoid Tentang Candi-Candi di Malang Raya Untuk Meningkatkan Wisata Budaya. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Sarjono, M.Sn (II) Joko Samodra, S.Kom. M.T

 

Kata Kunci : Perancangan, Aplikasi, Android, Candi Malang Raya, Wisata Budaya.

 

Candi adalah salah satu peninggalan budaya di Indonesia. Di Malang Jawa Timur terdapat candi beberapa candi yang mudah diakses yaitu Candi Singnosari, Candi Sumberawan, Candi Jago, Candi Kidal, Candi Badut, dan Candi Songgoriti.

tetapi masyarakat kurang tertarik tentang informasi peninggalan bersejarah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari mengapa masyarakat kurang mengetahui informasi tentang candi-candi tersebut dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Model yang digunakan adalah Model perancangan yang bersifat deskriptif yaitu model yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Prosedur dalam model perancangan ini diawali dengan identifikasi masalah dan mengumpulkan data melalui dua tahap, yaitu observasi dan studi literatur. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan menjadi sebuah inovasi yang tak hanya menarik dan mengibur, namun juga memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

Perancangan ini akan menghasilkan media utama yaitu apikasi berbasis android Candi Malang Raya, dan video promosi tentang Candi-candi Malang Raya. Hasil perancangan ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur dalam melakukan perancangan aplikasi, baik  bagi mahasiswa, desainer pemula, pengajar dan lain sebagainya.