SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Media Informasi Motion Graphics tentang Tol Laut sebagai Penunjang Sosialisasi

Sanda Infan Faid

Abstrak


ABSTRAK

 

Tol laut Indonesia adalah jalur pengangkutan penumpang dan distribusi logistik dengan menggunakan kapal laut yang menjangkau seluruh indonesia.Karenasedikitnya media informasi yang menjelaskan tentang tol laut Indonesia, banyak masyarakat yang tidak tahu apa itu tol laut.

Media yang saat ini ada merupakan berita terkait tentang tol laut saja, namun belum ada media informasi yang menjelaskan apa sebenarnya tol laut Indonesia. Maka diperlukan media informasi yang menjelaskan tentang apa itu sebenarnya tol laut Indonesia, serta lebih memanfaatkan media sosial sebagai media promosi serta sosialisasi kepada masyarakat khususnya pengusaha yang mengunakan kargo sebagai media pengiriman barang.

Menggunakan model perancangan yang diadaptasi dari infographicyang ditulis oleh Jason Lankow, didapatkan metode dalam menentukan sumber informasi serta model perancangan. Setelah data perancangan telah diperoleh,adaptasi yang dilakukan disesuaikan dengan perancangan motion graphics

Perancangan ini akan menghasilkan sebuah media informasi berupa motion graphicstentang tol laut sebagai penunjang sosialisasi kepada masyarakat. Media informasi ini akan berupa video dengan durasi dua menit untuk media informasi utama, dan lima puluh sembilan detik untuk media pendukung. Media informasi motion graphic sebagai media utama, dengan media pendukung berupa billboard, videotron, banner, dan poster. Media utama akan diupload di youtube, dan media pendukung akan diupload di instagram, dan facebook. Dengan lebih memanfaatkan media sosial, media informasi ini akan lebih terasa manfaatnya.