SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

CERITA RAKYAT JOKO TINGKIR SEBAGAI INSPIRASI PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MELALUI GAME 2D

Ade Zulianto

Abstrak


ABSTRAK

Zulianto,Ade,2017.Cerita RakyatJoko TingkirSebagai InspirasiPengembangan Media Interaktif Pembelajaran Melalui Game 2D. Skripsi,Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang: (I)Dr. Pujiyanto, M.Sn, (II)Mitra IstiarWardhana, S.Kom, M.TKata Kunci:Cerita Rakyat, Media Interaktif,Game 2dPendidikan karakter bangsa merupakan kebutuhan mendesak di tengahderasnya arus informasi di era globalisasi ini. Jika pendidikan karakter tidaksegera ditanamkan sejak usia dini, maka generasi bangsa akan kehilangan jati diridan dengan mudah terpengaruh hal-hal yang tidak baik. Karakter bangsa yangberkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Kesuksesan membentukkarakter di usia dini akan menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosial dimasa dewasanya kelak. Pendidikan karakter diperlukan guna meningkatkankualitas SDM sebagai penunjang kemajuan bangsa. (1) Bagaimanamembuatkonsepmedia interaktifgametentang cerita rakyat Joko Tingkir yang memilikinilai-nilailuhuryangdapat digunakan sebagai pembentuk karakter anak bangsa.(2)Bagaimana membuatmedia interaktif pembelajaran melalui game 2D ini dapatmenjadialternatifsumber belajarselain menggunakan bukuTematik Tema 5Pahlawanku dan juga menambah minat belajar siswa terutama siswa kelas 4 SD.Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development(R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development andproduction, implementation, and evaluation). ADDIE merupakan salah satu jenispenelitian R&D yang meliputi 5 tahap yaituAnalysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation.Hasil dari penelitian pengembangan media ini menunjukan mencapaipresentase sebesar 82%. Hal ini menujukan kalau penelitan pengembangan inimenarik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SD.Mediapembelajaran ini terdiri dari menuawal(interface), cerita sebelum bermain dan 4level permaianyang bisa dioperasikan dan membantu siswa dalam belajar.Pengembangan media pembelajaran ini divalidasikan kepada ahli media, ahlibahasa, dan praktisi lapangan yakni seorang guru kelasdari sekolah tempatpenelitian. Hasil validasi dari semua ahli menunjukkan bahwa pengembanganmedia interaktif pembelajaran melalui game 2dini valid/ layak untuk digunakandi kelasIV SDN Purwodadi 1tahun ajaran 2017/ 2018.Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produkmedia pembelajaran Tematik Tema 5 Pahlawanku berbasis media interaktif dalambentukGame 2ddan dapat dioperasikan di laptop atau komputer yang mampumanarik minat siswa dalam pembelajaran. Serta media ini dapat dikatakan layakdigunakan dari segi kevalidan dan kemenarikan.