SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DENGAN TEMA PENTINGNYA MEMATUHI TATA TERTIB LALU LINTAS MENGENDARAI SEPEDA MOTOR DALAM BENTUK GAME

Nurul Yaqin

Abstrak


ABSTRAK

 

Yaqin, Nurul.  2017. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bertemakan Pentingnya Mematuhi Tata Tertib Lalu Lintas Mengendarai Sepeda Motor dalam Bentuk Game. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn dan Dimas Rifqi Novica, S.Sn, M.Ds.

 

Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Tata Tertib Lalu Lintas, Game

 

Tata tertib lalu lintas adalah peraturan yang harus ditaati oleh kendaraan dan orang yang bergerak di ruang lalu lintas jalan agar keadaan lalu lintas dapat berlangsung secara teratur dan sesuai dengan hak dan kewajiban setiap pengguna jalan. Kurangnya penyampaian iklan layanan masyarakat secara interaktif dapat menjadikan masyarakat kurang memahami dan mengerti akan pentingnya tata tertib berlalu lintas. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat iklan layanan masyarakat yang interaktif sehingga konten dapat dengan mudah terserap yang bertujuan mengajak masyarakat tidak melanggar tata tertib lalu lintas, terutama kaum muda khususnya pelajar, misalnya iklan layanan masyarakat dalam bentuk game.

Model perancangan yang digunakan adalah gabungan dari dua model, yaitu model perancangan komunikasi visual periklanan oleh Sanyoto (2006:38) serta model pengembangan game oleh Pardew (2004:24) yang dimodifikasi. Proses pembuatannya dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu konsep perancangan, pra produksi, produksi, dan pasca  produksi.

Hasil dari perancangan yaitu menghasilkan game Android bergenre casual bertemakan pentingnya mematuhi tata tertib lalu lintas menggunakan sepeda motor dengan nama PENTAS (Pelopor Sopan Tertib Lalu Lintas) dan media pendukung yang terdiri dari fanpage facebook, halaman web blog, poster, banner,serta mini x banner.