SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Video Profile Tentang Seniman Lukis Dadang Rukmana

Anton Adrian

Abstrak


ABSTRAK

 

Adrian, Anton. 2017. Perancangan Video Profil Tentang Seniman Lukis Dadang Rukmana. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Drs. Triyono Widodo, M.Sn. (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn.

 

KataKunci: Perancangan, Video, Profil, Dadang Rukmana

 

Dadang Rukmana adalah seniman kelahiran Bandung, ia adalah seniman yang mempunyai teknik yang unik dalam hal melukis dengan cat air, akan tetapi para pecinta seni tidak terlalu mengetahui tentang teknik yang dimiliki seniman Dadang Rukmana. Maka dibutuhkan media yang tepat untuk menginformasikan tentang teknik yang dimiliki seniman Dadang Rukmana.Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan media yang komunikatif dengan berisikan info profil seniman Dadang Rukmana untuk meningkatkan eksistensi di kalangan seni rupa dengan teknik-teknik yang digunakan dan akan dirangkumdalam sebuah video yang menampilkan profil dari seniaman Dadang Rukmana.

Video Profil Seniman Dadang Rukmana dirancangan dengan menggunakan model perancangan prosedural yakni model yang bersifat deskriptif, yaitu model yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Tahapan-tahapan perancangan juga disesuaikan dengan standart operation procedure perancangan karya videografi. Tahapan ini terdiri atas pra produksi, produksi dan terahir pasca produksi. Sumber data perancangan terdiri atas data lapangan dan data teoritis. Data lapangan diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dokumen dan literatur, sedangkan data teoritis diperoleh dari literatur kepustakaan berupa buku ataupun artikel.

Hasil perancangan adalah karya videografi berupa video profiltentang Seniman Dadang Rukmana. Video Profil  berisikan informasi mengenai siapa Seniman Dadang Rukmana, hasil karya-karyanya, pameran-pameran yang telah diselenggarakan dan teknik yang digunakan. Video Profil Seniman Dadang Rukmana ini dipublikasikan melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh seniman Dadang Rukmana, baik itu Open Studio maupun pada saat pameran. Target dari video ini adalah para pecinta seni, maka pumpublikasian ditargetkan pada masyarakat tertentu agar target audience tepat dan dapat tercapai.