SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Cerita Bergambar Berdasarkan Mitos Nelayan di Madura

Zelma Malina Firdauzia

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Firdauzia, Zelma Malina. 2017. Perancangan Buku Cerita Bergambar Berdasarkan Mitos Nelayan di Madura.Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn. Pembimbing (II) Yon Ade Lose Hermanto, S.Sn, M.Sn

 

Kata Kunci: Buku Cerita, Cerita Bergambar, Mitos, Nelayan, Madura.

 

Tradisi melaut tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa kita. Suku Madura adalah representasi masyarakat pesisir yang keras dan bermental baja. Masyarakat pesisir yang menggantungkan hidupnya pada laut sangat berbeda dengan masyarakat pegunungan/pedalaman yang menggantungkan hidupnya pada tanah.

Kehidupan nelayan yang sehari-hari dihabiskan di laut ternyata begitu mempengaruhi gaya hidup sehingga melahirkan perilaku sosial yang bercirikan keberanian tinggi, menjunjung tinggi martabat dan harga diri dan berjiwa keras. Tujuan perancangan ini adalah untuk memperkenalkan kehidupan nelayan melalui media kreatif. Dengan menggunakan teori cerita bergambar, ilustrasi, concept art dan karakter desain.

Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengunjungi daerah pesisir di daerah Sumenep, Madura untuk menentukan setting cerita yang nantinya akan mengambil tempat di daerah pesisir Sumenep. Media utama dari perancangan ini adalah buku cerita yang menceritakan tentang kehidupan nelayan dan bagaimana mereka menjalankan pekerjaan mereka. Buku cerita didesain dengan ilustrasi full colour dilengkapi narasi di setiap halamannya.