SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis visual makna tanda pada iklan televisi axis dengan judul "iritologi no 54, cekrek upload"

kumala dewi srikinasih

Abstrak


ABSTRAK

 

Srikinasih ,Kumala. 2017.Analisis Visual Makna Tanda Pada Iklan Televisi Axis Dengan Judul"iritology no 54, cekrek upload".Skripsi, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs.Sugiyono Ardjaka M.Sc.,Ph.D.

 

Kata Kunci: analisis visual, makna tanda, iklan televisi

 

Axis adalah produk yang menyediakan jasa komunikasi dan internet, target market dari axis adalah remaja dan kalangan menengah .axis mempromosikan produknya dengan through the line media, salah satu media yang digunakan adalah iklan televisi. pada desember 2015 axis mempublikasikan iklan televisi dengan judul "iritology no 54 cekrek upload". terlihat bahwa iklan tersebut memvisualkan kehidupan target marketnya  yang dikemas dengan unik dan menarik. iklan televisi axis "iritology no 54 cekrek upload" memberikan dampak tersendiri bagi target audiencenya. seperti yang terlihat pada media sosial lebih dari 6000 orang menggunakan tagar #cekrekupload.

Oleh karena itu, peneliti berusaha mengkaji lebih lanjut tentang tanda dan makana visual dari  iklan televisi Axis iritology no 54 cekrek upload dengan pendekatan deskriptif kuanlitatif. Objek yang ditetili dalam penelitian ini adalah setiap shot yang mempresentasikan kehidupan remaja dan kalangan menengah. Oleh karenanya sebagai sumber dan primer dalam penelitian ini adalah iklan televise, buku, internet, dan bahan tertulis lain yang relevan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data melalui observasi literature baik dari buku, internet dan sebagainya. serta dilakukan Tanya jawab pada target audien nya dengan cara menjawab kueisioner.

Dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa terjadi pengaruh positive diantara target audience dan iklan televisi tersebut. dengan banyaknya persentase pengguana axis di kalangan remaja, hastag di media sosial menandakan bahwa iklan tersebut sukses memberikan effect pada targetnya.