SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Objek Pada Karya Gambar Pemandangan Anak Kelas IV dan V SDN Jedong 3 Malang

Eddo Pradana Enggartyasta

Abstrak


ABSTRAK

 

Menggambar yang dilakukan oleh anak-anak usia sekolah dasar merupakan sarana berkomunikasi dari apa saja yang sedang dirasakan dan dipikirkan pada saat itu. Objek yang digambar umumnya didasarkan pada pengalaman estetik masing-masing. Objek-objek yang sering dilihat sehari-hari oleh tiap orang, terutama anak-anak, berbeda, contohnya seperti mobil, pantai, pohon, taman, dll. Berangkat dari teori tersebut, peneliti berekspektasi untuk mendapatkan karya gambar dengan keberagaman objek dengan dilakukannya penelitian ini. Oleh karena itu, dibutuhkan identifikasi objek pada karya gambar pemandangan anak untuk menjawab masalah tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan siswa kelas IV dan V SDN Jedong 3 Malang tentang gambar pemandangan. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu melakukan identifikasi terhadap hasil karya menggambar pemandangan siswa kelas IV dan V SDN Jedong 3 Malang. Maka dalam penelitian ini, peneliti menekankan pada observasi sebagai upaya penggalian data bagi proses validitas, namun tetap menggunakan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SDN Jedong 3 Malang tahun ajar 2016/2017. Peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Dari kunjungan peneliti ke lokasi penelitian, peneliti berhasil mengambil data karya gambar sebanyak 40 buah. 20 data gambar didapat dari anak kelas IV dan 20 data gambar sisanya didapat dari anak kelas V. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa anak-anak masih beranggapan bahwa pemandangan adalah menggambar sebuah gunung, dapat dilihat dari hasil penemuan peneliti mayoritas anak menggambar objek gunung lengkap beserta langit dan tanaman di dalamnya. Sedikit siswa yang menggambar pemandangan dengan objek lain seperti laut, kebun, sawah, dan air terjun, atau pemandangan lainnya seperti perkotaan, gedung-gedung, kebun binatang, halaman rumah, tempat bermain, dan sebagainya. Peneliti menyarankan perlu adanya variasi dan motivasi dalam mengajarkan menggambarkan kepada anak. Tidak hanya terbatas di buku panduan yang dibagikan dikelas, guru juga perlu memberi bimbingan lebih terhadap anak untuk menambah keberagaman objek dalam gambar pemandangan anak.