SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK CETAK SABLON MELALUI FLIPBOOK BERTEMA T-SHIRT DISTRO HARDCORE

Orga Iswara

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran,cetak sablon.

 

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar yang dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.Dalam pengembangan media pembelajaran flipbookteknik cetak sablon memiliki peranan yang sangat penting.Isi media yang dihasilkan berupa definisi pengertian cetak sablon, alat dan bahan, proses cetak saring, dan video tutorial.Spesifikasi media pembelajaran menggunakan tampilan flipbook, isi materi cetak sablon, alat dan bahan, proses cetak sablondan contoh video tutorial, computerized, ukuran media A4, warna full colour, Bahasa Indonesia, Arial Reguler, Arial Italic, dan Arial Bold, aplikasi yang digunakan Adobe Illustrator CC, Adobe Photoshop CC, Adobe Priemere Pro CC, Camtasia Studio 8 dan Kvisoft FlipBook Maker Pro.

Model penelitian yang digunakan adalah model prosedural Five D dari Moeljadi Pranata (2012) yaitu (1) define, (2) data, (3) design, (4) develop, dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok besar yakni remaja. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian dikonversikan dengan tabel kriteria kelayakan.

Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook cetak sablon yang dikembangkan ini sangat layak digunakan untuk remaja atau khalayak umumdengan rerata 90,1 %. Dari validasi ahli materi dihasilkan rerata 83.75 %.Selain uji validasi, uji coba lapangan juga menunjukan hasil positif dengan persentase85.75 % yang artinya masuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. Pengembangan ini telah menghasilkan media pembelajaran flipbook teknik cetak sablon untuk remaja dan khalayak umumdengan spesifikasi sebagai berikut: (a) menggunakan flipbook maker, (b) isi produk: pengertian cetak sablon, alat dan bahan, proses cetak sablon, dan contoh, (c) teknik computerized, (d) pemaparan secara berurutan, (e) pewarnaan full color, (f) menggunakan bahasa Indonesia dan (g) dikemas dalam bentuk flipbook.

Berdasarkan hasil pengembangan, dapat disarankan bagi pengembang produk yang sama, agar dapat dilakukan dengan ujireliabilitas untuk produk yang selanjutnya agar tingkat kevalidan produk lebih akurat.Diharapkan pengembang selanjutnya dapat menambahkan materi yang lebih rinci dan mendalam dan media flipbook ini dapat dikembangkan dengan bahasa lainnya.