SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BANGUNAN TUA DI KOTA MALANG SEBAGAI INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA LUKIS GAYA PRIBADI

Kukuh Setyo Febriantiko

Abstrak


ABSTRAK

 

Kukuh Setyo Febriantiko, 2017.Bangunan Tua Di Kota Malang Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Lukis Gaya Pribadi. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Tjitjik Sriwerdhani. M.Pd, (2) Fenny Rochbeind, S.Pd.,M.Sn,

 

Kata kunci : bangunan tua di kota Malang, penciptaan karya lukis, gaya pribadi.

 

Bangunan adalah struktur buatan manusia yang terdiri atas dinding dan atap yang didirikan secara permanen disuatu tempat, yang memiliki beragam bentuk, ukuran, dan fungsi. Sebagai pencipta saya tertarik pada arsitektural bangunan tua di Kota Malang karena bentuknya yang indah dan artistik dari peninggalan masa lalu yang tetap dipelihara bahkan direvitalisasi tanpa menghilangkan keaslian bentuknya.

Adapun ide berkarya lukis adalah arsitektur bangunan-bangunan tua yang masih terpelihara. Demikian konsep yang mendasari adalah keindahan bentuk bangunan tua yang telah direvitalisasi, divisualisasikan  sebagai objek dalam karya lukis gaya pribadi. Gaya pribadi dalam lukisan merupakan ciri khas pencipta yang memiliki keberbedaan dengan gaya orang lain.Tema lukisan “bangunan tua yang telah direvitalisasi di Kota Malang” merupakan gagasan pokok terciptanya keenam karya lukis ini.

Metodologi proses penciptaan dimulai dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide, tema, dan objek. Setelah itu menjabarkan karakteristik karya, teknik melukis, alat, dan bahan yang digunakan untuk mewujudkan keenam karya lukis gaya pribadi ini. Langkah selanjutnya adalah membuat sketsa di atas kertas lalu memindahkannya ke kanvas. Proses melamur warna menggunakan teknik sapuan kuas basah, teknik plakat, dan teknik gradasi dengan menggunakan bahan cat akrilik, lalu tahap akhir melapisi lukisan dengan menggunakan cairan transparan keseluruh permukaan lukisan.

Pencipta menampilkan enam karya lukis gaya pribadi melalui media artistik berupa garis, bentuk, warna, bidang, ruang, dan pencahayaan. Karakteristik karya lukis menampilkan warna-warna cerah dan alami,mengunakan perspektif mata manusia, tampilan objek berada di luar ruangan sehingga bentuk objek terkesan monumental.

Berdasarkan hasil penciptaan ini dapat memberikan pengalaman berproses kreatif bagi pencipta dengan mengembangkan gaya pribadi untuk menghasilkan karya lukis yang bermakna, menarik, dan indah. Melalui karya ilmiah penciptaan karya lukis, pencipta berharap masyarakat umum, pelajar, dan seniman berapresiasi positif dan ikut mengabadikan arsitektural bangunan-bangunan dari masa lalu agar terpelihara keindahan bentuk dan fungsinya sebagai pencitraan kota Malang.