SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ornamen Tata Busana Tari Remo Padepokan Seni Mangun Dharma Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Novia Nur Vitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Vitasari, Novia Nur. 2017. Ornamen Tata Busana Tari Remo Padepokan Seni Mangun Dharma Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn., (II) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn.

 

Kata Kunci: Tata Busana, Ornamen.

 

Tari Remo merupakan bagian dari seni pertunjukan tradisional yang ada di Malang, bentuk tari yang menggambarkan seorang kesatria yang gagah berani yang dapat dilihat selain dari tata gerak juga dapat dilihat dari tata busana yang dikenakan. Pada umumnya masyarakat belum banyak mengetahui ornamen-ornamen yang terdapat pada tata busana tari Remo, maka dari itu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai ornamen tata busana tari Remo yang ada di Padepokan Seni Mangun Dharma. Pembuatan tata busana tari Remo juga dilakukan sendiri di Padepokan Seni Mangun Dharma, faktor terpenting lainnya merupakan narasumber satu-satunya yang memahami tentang tari Remo. Fokus Penelitian yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Tata Busana Tari Remo (2) Ornamen Tata Busana tari Remo.

Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dipaparkan merupakan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Padepokan Seni Mangun Dharma terkait ornamen tata busana tari Remo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, peneliti sendiri. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data,  dilakukan dengan menggunakan triangulasi teori dan metode.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil sebagai berikut: (1) tata busana tari remo pada bagian kepala sampai kaki berturut-turut mengenakan Udeng Kepangeranan, Kemeja, Kalung Ter, Deker, Stagen, Sabuk, Sampur, Celana, Jarek, Rapek, Pedangan, Keris, dan Gongseng. (2) Ornamen yang terdapat pada tata busana tari Remo terdiri dari motif tumbuhan, motif unggas, motif benda alam dan pemandangan dan motif geometris. Motif tumbuhan terdiri dari motif bunga dan motif sulur berupa bunga Teratai Truntum, Pari Sauli, Wijaya Kusuma, Yoni dan Lung-lungan. Motif unggas terdapat motif Lar-laran dan motif burung Merak pada motif benda alam dan pemandangan terdapat ornamen Bintang dan motif geometris terdapat ornamen Untu Walang. Warna yang mendominasi ornamen yakni kuning keemasan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ada beberapa saran yang peneliti ajukan diantaranya adalah peran generasi muda lebih memahami dan mengapresiasi ragam jenis ornamen yang terdapat pada tata busana tari Remo sebagai salah satu kekayaan daerah yang patut dibanggakan, dan akan banyak para penerus bangsa yang dapat melestarikannya.