SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRUKTUR GERAK TARI TOKOH KLONO SEWANDONO DALAM LAKON RABINE PANJI DI SANGGAR GALUH CANDRA KIRANA DESA JAMBUWER KABUPATEN MALANG

Rakyan Cintamayapanna

Abstrak


ABSTRAK

 

Cintamayapanna, Rakyan. 2017. Struktur Gerak Tari Tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang.  Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Ninik Harini, M. Sn, (2) Hartono, S.Sn, M.Sn.

 

Kata kunci : Struktur, Gerak, Tari, Tokoh Klono Sewandono, Lakon Rabine Panji, Sanggar Galuh Candra Kirana.

 

            Tari Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang merupakan warisan budaya asli Malang yang harus dilestarikan dan diteruskan pada generasi muda. Ironisnya, saat ini tidak banyak orang yang dapat menarikan, disebabkan kurangnya pemahaman mengenai struktur gerak. Memang bila dibandingkan dengan tari topeng lainnya, struktur gerak tari Klono Sewandono  tergolong paling sulit untuk ditarikan. Oleh karena itu, diperlukan pembahasan mengenai struktur  gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang, yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan terhadap generasi muda dalam melestarikan budaya ini.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kabupaten Malang.

            Penelitian ini menggunakan penelitian  kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Narasumber penelitian ini adalah Djiono Bardjo selaku seniman topeng Jambuwer dan Sumarsono selaku penari topeng Klono Sewandono Jambuwer. Data penelitian yang berupa paparan laporan didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahannya dicek dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji terdiri dari gerak-gerak yang disusun sedemikian rupa, yakni: 12 unsur gerak kepala, 6 unsur gerak badan, 30 unsur gerak tangan, 13 unsur gerak kaki, 28 motif statis, 29 motif dinamis, 3 frase gerak, 22 kalimat gerak statis, 14 kalimat gerak dinamis, dan 5 paragraf gerak.

            Kesimpulan struktur gerak tari tokoh Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji terdiri dari 12 unsur gerak kepala, 6 unsur gerak badan, 30 unsur gerak tangan, 13 unsur gerak kaki, 57 motif gerak, 3 frase gerak, 36 kalimat gerak dan 5 paragraf gerak. Adapun saran peneliti yaitu diadakan penelitian lebih lanjut dan menyempurnakan hasil penelitian, khususnya tentang makna simbolik, struktur penyajian, tata rias, busana dan musik pengiring pada tari Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji. Bagi Sanggar dan Pemerintah, untuk lebih meningkatkan pengenalan dan pelatihan Tari Klono Sewandono dalam Lakon Rabine Panji agar tidak punah dalam perkembangan seni budaya di Kabupaten Malang.