SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Pengenalan Bentuk Huruf dan Angka Untuk Anak TK

L'Rhey Asmara Perdana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang anak. Tanpa pendidikan anak akan sulit untuk menggapai impian mereka. Mewujudkan impian salah satunya bisa dicapai dengan cara menambah ilmu. Ilmu pengetahuan diperoleh dengan cara belajar dan membaca.Menurut survei yang dilakukan USAID Amerika Ed Data II, RTI International kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama dan Myriad ­Researchpada 2013-2014,masih banyak siswa Indonesia yang belum bisa membaca. Hal ini sangat memprihatinkan karena membaca adalah hal penting untuk mencari ilmu. Karena itulah sangat penting mengajarkan huruf dan angka sejak dini agar kelak anak lancar membaca dan dapat mengurangi angka siswa Indonesia yang tidak bisa membaca.

Data perancangan diperoleh dari kajian lapangan yang menggunakan tigametode, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Observasi dilakukandi toko buku dan perpustakaan Kota Malang sedangkan wawancara dengan guru TK. Dokumentasi dilakukan untuk menunjukkan minimnya variasi buku pengenalan huruf dan angka.

 

Perancangan buku pengenalan huruf dan angka ini berisikan gambar ilustrasi yang memuat bentuk sebuah huruf atau angka pada lembar kiri dan pada lembar kanan berisikan analogi bentuk huruf atau angka beserta cara menulis huruf. Pembuatan perancangan dimulai dari proses sketsa, comprehensivelayout dan final layout. Selain itu, dibuat juga media pendukung untuk mempromosikan buku yaitu x-banner, poster, brosur, gantungan kunci, pembatas buku, stiker, dan tumbler.