SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Pop-Up tentang Diabetes Mellitus untuk Anak SD Kelas 1-3

Esti Raftiarin

Abstrak


ABSTRAK

 

Peningkatan jumlah penderita Diabetes Mellitus (DM) tidak hanya dialami orang dewasa dan manula. Akhir-akhir ini DM banyak ditemukan pada anak dan remaja yang berusia dibawah 14 tahun. Penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat dan minimnya pengetahuan tentang DM pada anak. Pembuatan buku pop-up ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang penyakit DM sejak dini, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit DM pada anak-anak.

Materi tentang penyakit DM cukup berat untuk dibaca oleh anak-anak, maka dari itu media pop-up dipilih agar anak-anak tertarik membacanya. Isi dari buku pop-up sendiri disesuaikan dengan kebutuhan target audiens yaitu definisi penyakit DM, tipe DM, tanda dan gejala DM, pentebab DM, dan pencegahan DM.

Perancangan media ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif milik Sanyoto. Langkah-langkah yang di tempuh diawali dengan penjabaran latar belakang, perumusan masalah dan tujuan masalah, mengidentifikasi dan analisis data, menentukan konsep perancangan dan visualisasi desain hingga desain final.

Pada perancangan ini akan dihasilkan media buku pop-up yang berisi tentang DM untuk anak-anak kelas 1-3 SD. Buku ini menggunakan ilustrasi kartun penuh warna dengan minim teks dan banyak gambar. Peroduk dicetak menggunakan kertas art paper 230 gr.

 

Hasil perancangan ini diharapkan menjadi media edukasi tentang penyakit DM yang efektif, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah penderita DM pada anak-anak.