SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Cerita Bergambar Tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Anak

Ahmad Aqil Nafi

Abstrak


ABSTRAK

 

Nafi, Ahmad Aqil. 2017. “Perancangan Buku Cerita Bergambar tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Anak”. Skripsi Program Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hariyanto, M.Hum. (II) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd.

 

Kata Kunci: Perancangan, Buku Cerita Bergambar, Proklamasi Kemerdekaan

 

Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hal ini membuat kekayaan alam Indonesia diinginkan oleh bangsa-bangsa lain. Hal ini telah terjadi sejak lama, beberapa bangsa asing mencoba menguasai kekayaan alam yang ada di Indonesia. Banyak peristiwa yang terjadi sejak dahulu. Namun kemerdekaan Indonesia baru dapat diraih pada tanggal 17 Agustus 1945. Kesadaran terhadap sejarah Indonesia bisa ditanamkan kepada anak dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan nasionalisme terhadap Negara Indonesia.

Diperlukan model perancangan dalam menyusun produk berupa buku cerita bergambar tentang peristiwa menjelang kemerdekaan Indonesia. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural, yaitu menggunakan langkah-langkah yang berurutan dan terstruktur dalam menghasilkan produk. Anak-anak dalam rentang usia 7-13 tahun menjadi target audiens dalam perancangan buku cerita bergambar ini.

Tujuan dari perancangan ini adalah sebuah media berupa buku cerita bergambar “Menjelang Proklamasi Kemerdekaan” yang berisi tentang peristiwa menjelang kemerdekaan Indonesia. Memiliki konten berupa cerita yang dilengkapi oleh gambar ilustrasi untuk memudahkan pembaca anak memahami apa yang diceritakan dalam buku. Illustrasi pun dibuat menggunakan gaya kartunis sesuai dengan selera anak-anak. Selain itu juga ada beberapa media pendukung dari produk buku cerita bergambar.