SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

perancangan e-katalog busana pengantin sebagai media promosi "salon muslimah" malang

Meuthia Firdausi

Abstrak


ABSTRAK

 

Firdausi, Meuthia. 2017. “Perancangan E-katalog Busana Pengantin Sebagai Media Promosi “Salon Muslimah” Malang”. Skripsi, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. (II) Andhika Putra Herwanto, M.Sn.

 

Kata Kunci:Perancangan, E-katalog, Busana Pengantin, Media Promosi

 

Usaha salon di kota Malang berkembang pesat dari tahun ke tahun. Tidak sedikit yang sudah memulai usahanya sejak lama. Salon Muslimah yang tergolong berdiri sejak lama, yaitu sejak tahun 1986. Namum dalam perkembangannya, Salon Muslimah kurang mengalami perkembangan yang pesat dalam masyarakat. Banyak masyarakat kota Malang sendiri yang tidak mengetahui adanya Salon Muslimah.

Beberapa usaha telah dilakukan oleh salon Muslimah demi mempromosikan bidang usahanya. Beberapa media promosi yang telah dibuat oleh Salon Muslimah diantaranya adalah banner, iklan koran, brosur, iklan tv lokal, dan booth pada wedding exhibition. Beberapa media promosi tersebut belum memberikan dampak yang optimal pada pemasaran Salon Muslimah. Maka pada perancangan ini penulis dituntut untuk memberi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh Salon Muslimah malang, yaitu membuat media promosi yang tepat dan efisien.

Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah metode perancangan komunikasi visual periklanan oleh Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto yang dimodifikasi oleh perancang. E-Katalog dipilih menjadi media utama pada perancangan media promosi ini karena dapat memuat semua informasi tentang busana pengantin milik salon muslimah, serta penyebarannya sangat mudahdan efisien. Konsep dari E-katalog adalah minimalis dan elegan.  Disempurnakan dengan media pendukung iklan media majalah, kampanye media sosial, brosur, x-banner dankartu nama. Dimana fungsi media pendukung ini menjadi pelengkap dari media utama agar fungsi dan estetikanya dapat tepat sasaran menuju target audience.