SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Bunyi Dhodhog dengan Gerak Tari Reyog Kendhang di Sanggar Dhodhog Sadjiwo Djati Desa Gendingan Kecamtan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung

LILIK NUR VITASARI, LILIK NUR VITASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Reyog Kendhang merupakan salah satu kesenian rakyat bersal dari Kabupaten Tulungagung yang menggambarkan arak-arakan prajurit Kediriliya mengiringi Dewi Kilisuci. Tari Reyog Kendhang mempunyai keunikan yaitu penarinya sekaligus sebagai penabuh instrumen alat musiknya, dimaninkan 6 orang penari serta                                                   mempunyai tugas masing-masing untuk membawa intrumen alat musik yang bernama dhodhog.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup struktur tabuhan dhodhog, hubungan bunyi dhodhog dengan gerak tari Reyog Kendhang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi kualitatif, dimana peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian berlokasi di sanggar Dhodhog Sadjiwo Djati Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Narasumber dalam penelitian ini adalah Siswoyo selaku seniman Reyog Kendhang

sekaligus pimpinan sanggar Dhodhog Sadjiwo Djati, Yuyun Handayani sebagai pelatih di sanggar Dhodhog Sadjiwo Djati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Untuk menjaga keabsahan temuan, dilakukan kegiatan triangulasi sumber dan triangulasi  teknik. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang pertama berupa struktur tabuhan dhodhog yaitu berupa (1) Bentuk Dhodhog, (2) Fungsi Dhodhog, (3) Pukulan Dhodhog, (4) Teknik Pukulan Dhodhog. Hasil penelitian yang kedua berupa hubungan bunyi dhodhog dengan gerak tari Reyog Kendhang. Terdapat beberapa ragam gerak yang memiliki siklus bunyi berbeda yaitu (1) gerak baris, (2) gerak kejang, (3) gerak gembyangan. Disimpulkan bahwa dalam gerak tari Reyog Kendhang bunyi dhodhog dengan gerakan sangat memberi pengaruh serta dukungan untuk memperkuat karakter dari masing-masing setiap gerakan, terlihat dari ketiga gerakan yang sudah dijelaskan diatas, dimana bunyi dhodhog dengan gerak sangat berperan penting sebagai pengiring gerakan dan juga untuk membantu menghidupkan serta memperkuat suasana tarian sesuai dengan karakter gerak masing-mnasing.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami  tentang kesenian Reyog Kendhang, serta mampu meningkatkan  kualitas dalam melestarikan kebudayaan yang kita miliki.