SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Positioning Brand Image Kopi "Sido Mulia" Malang Melalui Redesain Kemasan

Eka Wahyu Kristanti

Abstrak


ABSTRAK

 

“Sido Mulia” merupakan produk kopi khas Malang yang diproduksi sejak 1953. Produk kopi dijual dalam kemasan plastik bening dan alumunium foil yang masih sederhana dibandingkan kompetitotor produk kopi lainya. Kemasan tersebut kurang praktis karena setelah dibuka harus di simpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kualitas kopi, selain itu kemasan kopi “Sido Mulia” belum memuat ilustrasi yang mencerminkan bahwa produk tersebut merupakan produk khas dari kota Malang. Maka diperlukan desain ulang kemasan produk kopi yang memuat nilai kepraktisan, inovasi, keindahan, serta identitas kota Malang sebagai upaya untuk meningkatkan kebanggan konsumen terhadap merek kopi “Sido Mulia”.

Kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus produk, namun juga sebagai media promosi, komunikasi, dan identitas dari sebuah merek. Selain wadah pelindung kemasan juga mempengaruhi citra merek sebuah produk, untuk itu diperlukan evaluasi berkala terhadap suatu kemasan agar mampu bersaing dalam mengikuti kebutuhan pasar dan perkembangan zaman.

Perancangan menggunakan model perancangan yang telah dikembangkan dari Sadjiman Ebdi Sanyoto. Jenis data berupa data kualitatif yakni data yang diperoleh dari berbagai sumber seperti wawancara, observasi, dokumentasi maupun pustaka yang kemudian direduksi hingga menghasilkan sintesis sebagai acuan untuk merancang konsep redesain kemasan kopi “Sido Mulia” Malang.

 

Sebagai upaya untuk memposisikan citra merek kopi “Sido Mulia” sebagai kopi khas Malang sejak tahun 1953 yang terus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman, diwujudkan dalam redesain 6 jenis kemasan kopi “Sido Mulia”. Gaya ilustrasi adalah gaya victorian yang menghadirkan simbol identitas khas kota Malang. Hasil redesain terdiri dari kemasan primer, terdiri dari dua jenis yakni kemasan papper pouch dilengkapi dengan zipper yang dapat ditutup kembali setelah digunakan dan kemasan drip bag sachet untuk menyaring ampas kopi yang dimasukkan dalam box sebagai bentuk inovasi baru kemasan kopi “Sido Mulia”. Kemasan sekunder terdiri dari dua jenis kemasan paket yakni paket untuk papper pouch dan paket drip box yang ditujukan untuk hadiah atau oleholeh. Kemasan tersier terdiri dari dua jenis yakni untuk kemasan papper pouch dan drip bag, berfungsi untuk mengemas produk dalam jumlah yang lebih banyak dengan bahan yang lebih kuat. Sedangkan sebagai media promosi saat launching kemasan baru kopi “Sido Mulia” akan digunakan x-banner, brosur poster, serta beragam merchandise seperti cangkir, kaos, dan totebag.