SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Muatan Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMKN 7 Malang

Aditya Risqi Pradhana

Abstrak


ABSTRAK

Pradhana, Aditya Risqi. 2017. Muatan Pendidikan Karakter dalam MataPelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMKN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Purwatiningsih M.Pd. (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom, MT.

Kata Kunci : Muatan, Pendidikan Karakter, Seni Budaya, SMK.

Mata pelajaran Seni Budaya sangat penting terhadap perkembangan kognitif, afektif, serta psikomotor peserta didik khususnya untuk pengembangan potensi individu, akan tetapi dalam prosesnya di SMKN 7 Malang, potensi individu mayoritas siswa belum dapat mengikuti pembelajaran dengan baik yang mengakibatkan pembelajaran tidak berjalan sebagaimana mestinya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka  muatan pendidikan karakter dalam setiap komponen pembelajaran Seni Budaya di SMKN 7 Malang sangat diperlukan untuk diteliti.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan muatan pendidikan karakter serta faktor penghambat dalam pelaksanaan proses pembelajaran Seni Budaya kelas XI di SMKN 7 Malang.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik Purposive Sample. Subjek penelitian ini meliputi Guru Seni Budaya dan siswa kelas XI SMKN 7 Malang. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, dalam proses pembelajaran Seni Budayatidak semua pendidikan karakter dimuat dengan porsi yang sama. Hal tersebut dapat diketahui dari pendidikan karakter keagaman, kejujuran, kreatifitas, kognitifitas, kemandirian, serta menghargai budaya nasional dapat dijumpai pada RPP serta proses pembelajaran, akan tetapi tidak pada pendidikan karakter cinta lingkungan dan keterampilan berbicara santun. Faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya tersebut antara lain adalah pelaksanaan pembelajaran tidak berdasarkan RPP yang telah dibuat, pengalaman guru yang terbatas, tidak adanya media pendukung , rencana pembelajaran yang tidak siap serta transisi perubahan kurikulum 2013 revisi.

Berdasarkan hasil penelitian guru disarankan untuk memuat pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran seni budaya di kelas, menerapkan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dibuat, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di awal semester, serta mempersiapkan media pembelajaran berdasarkan kognitif dan afektif, sehingga proses pembelajaran Seni Budaya dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan konsep pendidikan seni budaya pada dasarnya.

 

 

 

 

ABSTRACT

Pradhana, Aditya Risqi. 2017. The Character Education Value In Subjects Art And Culture XI Class of SMKN 7 Malang. Skripsi, course of study Education The Fine Arts, the Faculty Literature, Malang State University. Supervisor: (I) Dra Purwatiningsih M.pd, (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom, MT.

 

Keywords : Charge, Character Education, Art And Culture, SMK.

Arts and culture subjects very important to the development of school tuition especially in character education, but in the process in SMKN 7 Malang the majority students less appreciate teachers and difficult follow learning well resulting in learning did not function as intended .In this regard, it can be seen that charge character education in every other component learning art and culture in SMKN 7 Malang indispensable.

This study was conducted for the purpose of know charge character education as well as the barrier in the implementation of the learning the art of cultural class XI in SMKN 7 Malang.

This research included in descriptive qualitative research with using a technique purposive sample.The subject of this research include master of arts culture and a student of class XISMKN 7 unfortunate.Procedure data collection is done with interview techniques, observation and documentation .Data available for analysis done by means of the reduction of, presentation of data, the withdrawal of drawing conclusions and verification.

The result of the research shows that, in the process of learning the art of Cultural character education is not all preloaded with the same portions. It is known from the education of religious character, honesty, creativity, knowlegde, independence, as well as appreciate the national culture can be found in the RPP and the learning process, but not on character education and skills environment love speaking manners.

Factors barrier of the pemebelajaran the art of the cultural among them were of time and intensity educator, limited media, education planning who are not ready to and transitional changes 2013 curriculum revision.

Based on the results of the study suggested teachers to make learning implementation plan at the beginning of the semester, as well as preparing the media learning based on cognitive and affective learning process, so that art and culture can run effectively and efficiently in accordance with the concept of education art and culture at its base.