SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Untuk Siswa SMP Kelas VIII Mata Pelajaran Prakarya

Fatwa Givary

Abstrak


ABSTRAK

 

Givary, Fatwa. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Untuk Siswa SMP Kelas VIII Mata Pelajaran Prakarya. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M. Hum, (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, MT.

Kata kunci: Media pembelajaran, Animasi, Prakarya.

Proses pendidikan sebisa mungkin diselenggarakan secara menyenangkan dan memotivasi siswa. Untuk itu maka inovasi dalam media pembelajaran diperlukan agar meningkatkan proses pembelajaran. Namun dari hasil observasi media pembelajaran Prakarya di kelas VIII SMP 3 Ma’arif terlihat bahwa peserta didik bosan dengan pembelajaran Prakarya. Hal ini wajar karena mata pelajaran Prakarya tergolong baru di kurikulum 2013 sehingga masih minim dalam pengembangan medianya. Selama ini media yang digunakan hanyalah buku yang diterbitkan oleh pemerintah. Media yang dikembangkan adalah animasi karena melibatkan dua sensor indra dalam menangkap informasi sehingga mudah dipahami. Selain itu media animasi dipilih karena animasi merupakan tontonan yang banyak digemari oleh kalangan pelajar.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran animasi. Bab yang dikaji adalah Kerajinan, kompetensi dasar pengetahuan bahan dan proses limbah anorganik, dan  prinsip pengolahan limbah anorganik kelas VIII SMP. Media nantinya berbentuk video berformat MP4.

Metode pengembangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat diskriptif dimana setiap langkah harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Alur model pengembangan dimulai dengan mencari potensi dan masalah dengan melakukan observasi dan melalui analisis penelitian sebelumnya. Mengambil data berupa materi pembelajaran yang dirujuk dari buku siswa Kurikulum 2013, membuat desain awal, konsultasi, revisi, hingga uji coba yang dilakukan di SMP 3 Ma’arif. Bagian akhir produk pengembangan dapat diterapkan di sekolah.

Analisis data mengenai aspek efektifitas media menunjukkan kualifikasi layak, artinya media ini memang benar-benar dirancang dengan baik (learning resources by design). Aspek penyampaian materi untuk media masuk kualifikasi sangat layak. Berarti media dapat menjalankan fungsinya sebagai sebagai wadah dari pesan yang ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut. Aspek efektifitas materi dinilai baik dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran. Sehingga media dapat untuk merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa. Pengembangan lainnya selain media animasi ini untuk pembelajaran, media ini juga bisa dikembangkan untuk ditayangkan secara umum seperti film animasi di televisi.

         

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Givary, Fatwa. 2017. An animation learning media development for 2nd grade of junior high school studens on vocational subject. Thesis, Department of Art and Design, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisers: (I) Dr. Hariyanto, M. Hum, (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, MT.

 

Keywords: Instructional media, Animation, Vocational subject.

 

Educational process as much as possible is organized in a fun and motivating student. Therefore, innovation in learning media is needed to improve the learning process. However, from the results of observation media learning In the class VIII SMP 3 Ma'arif seen that learners bored with learning workshops. This is reasonable because the newly established Prakarya subjects in the curriculum of 2013 so it is still minimal in the development of media. So far, the media used are only books published by the government. The developed medium is animated because it involves two sensory sensors in capturing information so that it is easy to understand. In addition, the animation media is chosen because the animation is a much-loved show by the students.

The purpose of this research is to develop animated learning media. The chapters studied are Handicraft, basic competence knowledge of inorganic waste materials and processes, and the principle of inorganic waste treatment of class VIII SMP. Media will be in the form of MP4 format video.

This development method uses a descriptive procedural model in which each step must be followed to produce a product. The development model flow begins with the search for potential and problems by making observations and through analysis of previous research. Retrieving data in the form of instructional material referred from the student book Curriculum 2013, making initial design, consultation, revision, until the trials conducted in SMP 3 Ma'arif. The final part of product development can be applied in schools.

          Data analysis on the effectiveness of media shows decent qualification, meaning that this media is really well designed (learning resources by design). The material delivery aspect for qualifying media entry is very feasible. Means the media can perform its function as a container of messages that want to be forwarded to the target or recipient of the message. The material effectiveness aspect is considered good in its use as a learning medium. So that the media can to stimulate the thoughts, feelings, and willingness of students so as to encourage the learning process students. Other developments in addition to this animation media for learning, this medium can also be developed to broadcast in general such as animated films on television.