SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Wujud R. A. Kartini Sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Batik Lukis

Pangasih Nanda Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Nanda, Pangasih. 2017. Wujud R. A. Kartini Sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Batik Lukis. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ike Ratnawati S. Pd, M. Pd. (II)Lisa Sidyawati S. Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: Penciptaan, R. A Kartini, Batik Lukis

Emansipasi dan kesetaraan hak yang dulu diperjuangkan oleh R. A. Kartini kini  mulai mengalami perubahan pemaknaan. Semua hanya diingat dan dilakukan sebatas ceremonial dan hanya diperingati sebagai makna simbolik saja. Pada era sekarang penulis merasa mayoritas kaum pemuda dan pemudi Indonesia telah kehilangan makna dan arti hari Kartini itu sendiri, terutama adalah kaum wanita yang pada hari itu sebenarnya kaum merekalah yang dimuliakan dan dihargai dengan adanya Emansipasi wanita tersebut.

Penciptaan karya seni batik lukis ini diawali dengan pencarian sumber ide yang kemudian ditemukan oleh penulis melalui pengamatan dan analisa penulis dengan apa yang terjadi di era sekarang khususnya mengenai Emansipasi wanita yang tentunya hal itu berhubungan erat dengan tokoh pahlawan yang mempeloporinya yakni, R. A. Kartini. Tokoh tersebut menginspirasi penulis untuk menjadikannya dalam 6 buah judul karya penciptaan batik lukis berdasarkan sifat yang patut diteladani dan dicontoh. Harapan karya penciptaan ini nanti akan mampu menyampaikan pesan dan mampu menjadi inspirasi, pengingat, kemudian ajakkan untuk menjadkan wanita masa kini menjadi R. A Kartini masa kini.

Hasil karya yang divisualisasikan menampilkan 6 karya seni batik lukis dengan media fisik kain batik. Karakteristik karya seni batik lukis tersebut merupakan karya yang bergaya dekoratif figuratif dan menggunakan ornamen yang mengacu pada bentuk-bentuk etnik sehingga terkesan tradisional namun tetap moderen karena teknik batik lukis yang digunakan merupakan bagian dari batik moderen.

 

Pada penciptaan karya seni batik lukis ini pencipta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang didalamnya terdapat permasalahan hingga mendapatkan solusi. Penciptaan karya seni batik lukis ini merupakan upaya yang akan diimplementasikan menjadi karya seni dan dijadikan media edukasi bagi penikmat dan diri sendiri, dengan harapan supaya generasi muda lebih menyadari makna sesungguhnya dari apa itu emansipasi dan apa yang sebenanrnya dulu R. A. Kartini usahakan. Harapan penulis adalah merealisasikan cita-citanya mulai dari sekarang untuk sepanjang masa, bukan membiarkan cita-cita R. A. Kartini untuk hanya menjadi sebatas cita-cita sepanjang masa manusia.