SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Logo dan Implementasi Produk Kerupuk Impala Dalam Upaya Peningkatan Citra Produk

Fitra Ulinuha

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulinuha, Fitra. 2017. Logo dan Implementasi Produk Kerupuk Impala dalam Upaya Peningkatan Citra Produk. Skripsi, Jurusan Seni Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn, (II) Drs. Triyono Widodo, M.Sn.

 

Kata Kunci: Logo, Kerupuk Impala Cak Roni, Citra Produk

Kerupuk Impala adalah camilan khas Desa Jatisari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Berbahan dasar tepung pati, trasi,bawang putih, dan garam. Produk kerupuk impala Cak Roni tidak memiliki identitas dalam produk, sehingga produk tersebut familier dengan sebutan Impala Cak Roni. Proses pembuatannya yaitu dengan mencampur seluruh bahan kedalam alat pengaduk yang kemudian diaduk secara merata, kemudian direbus, setelah itu dicetak, kemudian proses akhir dijemur. Produk kerupuk impala Cak Roni dikenal dengan cita rasa yang khas dan digemari oleh konsumen, karena rasa bumbu yang melekat.Permasalahan mendasar pada produk Cak Roni adalah tidak adanya identitas sehingga sulit untuk memedakan produk Cak Roni dengan pesaing dari segi visualnya.                                                                                                   Identitas produk merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pemasaran karena kegiatan memperkenalkan dan menawarkan produk tidak terlepas dari identitas produk yang dapat diandalkan. Identitas produk diperlukan untuk memudahkan konsumen dalam membedakan produk sejenis di pasaran. Media pendukung sebagai sarana untuk mengkomunikasikan isi produk secara visual juga sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, perancangan logo dapat menjadi inovasi produk kerupuk impala Cak Roni untuk dapat bersaing dengan produk sejenis, serta dapat meningkatkan citra positif produk di benak konsumen.

Metode perancangan yang dipakai adalah perancangan prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan produk, diawali dari penulisan latar belakang, pengidentifikasian tujuan, dilanjutkan dengan pengumpulan data, perancangan konsep hingga pembuatan karya final. Data yang menjadi acuan adalah data-data yang bersumber dari hasil observasi, wawancara, dan buku-buku literatur

Kesimpulan dari perancangan ini adalah inovasi pembuatanbrand nameproduk, logo produk sebagai identitas, graphic standart manual untuk acuan standarisasi logo, dan implementasi logo pada perancangan.