SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar tentang Submateri Prinsip-Prinsip Menggambar Model untuk Peserta Didik Kelas VIII MTs. Al-Ittihad Poncokusumo

Sevina Zuhrie Wardana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan seni budaya sebagai bagian dari pendidikan umum yang berkewajiban (tugas) utama melatih kepekaan rasa: estetis (keindahan),maupun apresiasi seni, melalui pembelajaran praktek berkarya seni. Namun fakta yang ada, dalam pendidikan seni di sekolah, peserta didik belum sepenuhnya bisa mengekspresikan dengan baik. Khususnya pada materi prinsip-prinsip menggambar model. Pemahaman prinsip-prinsip menggambar model sendiri bagi anak usia SMP/MTs. tentu bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika hanya diberikan melalui pemahaman teks saja. Untuk itu, diperlukan media untuk menjelaskan prinsip-prinsip menggambar model yang lebih menarik yaitu berupa buku panduan melalui media cerita bergambar yang memuat gambar-gambar di dalamnya.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media buku cerita bergambar tentang submateri prinsip-prinsip menggambar model untuk siswa kelas VIII MTs. Al-Ittihad Poncokusumo.

Dalam penelitian pengembangan ini, peneliti mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg and Gall, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi (6) Validasi ahli (7) Revisi hasil validasi (8) Uji coba kelompok besar  (9) Revisi produk akhir (10) Implementasi. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa angket dengan menggunakan instrumen pengambilan data angket angket terbuka dan angket tertutup.

Berdasarkan evaluasi dari kelompok kecil media ini memperoleh prosentase 93% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Dari hasil validasi media diperoleh prosentase 88% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Kemudian dari ahli materi diperoleh prosentase 91% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Terakhir dari kelompok besar diperoleh prosentase 82% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Melihat hasil dari validasi dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar tentang submateri prinsip-prinsip menggambar model untuk peserta didik kelas VIII ini dapat digunakan dalam menunjang pembelajaran.

 

Saran dari penulis, apabila ada pengembang yang hendak mengembangkan media ini, sebaiknya menambahkan materi yang lebih lengkap beserta contoh-contohnya. Kemudian sebaiknya media dapat dikembangkan dalam bentuk media yang lain seperti dalam bentuk digital agar lebih menarik dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada.