SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tari Boran Lamongan sebagai Sumber Inspirasi dalam Penciptaan Karya Seni Grafis Cetak Tinggi

Dedy Oktavian

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktavian, Dedy. 2017. Tari Boran Lamongan sebagai Sumber Inspirasi dalam Penciptaan Karya Seni Grafis Cetak Tinggi. Skripsi, jurusan Seni dan Desain, fakultas sastra. Universitas negeri malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn (II) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd

 

Kata Kunci: Tari Boran Lamongan, Penciptaan, Seni Grafis Cetak Tinggi.

Tari Boran Lamongan merupakan tari kreasi baru yang diciptakan oleh koreografer muda yakni Ninin Desinta dan Tri Kristiani pada tahun 2006. Menurut Ninin dan Tri Kristiani, Tari Boran digarap dalam bentuk tarian kreasi baru yang menggambarkan perjuangan pedagang nasi boran di Lamongan yang juga menggarap karakter masyarakat Lamongan dari segi gerak yang diciptakan.

Metode dalam penciptaan karya seni grafis cetak tinggi merupakan sebuah rangkaian dari beberapa langkah. Pertama dimulai dari Identifikasi latar belakang masalah. Dalam identifikasi ada pengembaran jiwa, pengamatan lapangan, wawancara untuk penggalian sumber referensi dan informasi. Kemudian muncullah sebuah konsep, dimana didalamnya mencangkup tema, dan objek yang  akan divisualisasikan, yaitu gerakan-gerakan Tari Boran. Setelah konsep benar-benar matang, langkah selanjutnya menentukan karakteristik karya dan menyiapkan alat dan bahan. Kemudian, membuat sket diatas hardboard sesuai dengan konsep yang sudah dibuat. Tahapan utamanya yaitu mencukil hardboard dengan menggunakan pisau cukil,setelah proses mencukil selesai, dilanjutkan proses pewarnaan dengan tinta offsetmenggunakan rol karet, kemudian mencetakkan hardboard pada kertas. Proses mencukil kembali dilakukan secara berulang untuk memunculkan warna berikutnya sampai gambar terlihat jelas sesuai yang diinginkan. Teknik yang digunakan dalam berkarya seni grafis adalah cukil reduksi yang hanya menggunakan satu lembar hardboard untuk menghasilkan banyak warna.

Hasil karya yang divisualisasikan menghasilkan 8 karya seni grafis cetak tinggi dengan media estetik berupa titik, garis, bentuk dan ruang, warna,serta tekstur sebagai visualisai ekspresidari konsep. Bentuk visual gerakan pada Tari Boran lebih ditonjolkkan dengan atribut yang digunakan. Visual yang ditonjolkan ada penggubahan untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang lebih berkarakter dan imajinatif.

 

Berdasarkan hasil penggubahan bentuk dan visual Tari BoraninidiharapkanmampumemperkenalkankembaliTariBoransertamenumbuhkan rasa cintamasyarakatterhadaptaritradisi yang telahada. Bagi orang tuadiharapkandapatmengenalkandanmengingatkanadanyataritradisiLamonganpadagenerasipenerusbangsa.Bagianak-anakdiharapkanmampumendorong rasa penasaranuntukmempelajarinyaterhadaptaritradisi yang kinijarangditemukankarenamasuknyatarian-tarianluarnegeri yang lebih modern.