SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Jaranan Kepang Dhor Lamongan sebagai sumber inspirasi dalam penciptaan karya seni grafis cetak tinggi.

MOHAMMAD DILLY SETIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

JarananKepangDhorLamonganmerupakansalahsatusenipertunjukan yang ada di Lamongan. Akan tetap masyarakat masih belum banyak tahu dan mulai hilangnya Jaranan Kepang Dhor Lamongan dalam lingkungan masyarakat. penciptaan seni grafis ini sebagai salah satu cara memperkenalkan warisan budaya. Pokok permasalahannya saat ini banyak masyarakat terutama kalangan remaja yang kurang meminati“ Jaranan Kepang Dhor Lamongan” Konsep dari penciptaan ini yaitu mengembangkan bentuk visual dari “Jaranan Kepang Dhor Lamongan”melalui media karya seni grafis dan diaplikasikan pada penciptaan karya seni grafis ini.

Dalam penciptaan karya seni grafis cetak tinggi ini , dengan tema Jaranan Kepang Dhor Lamongan. Pencipta dapat mendeskripsikan konsep serta proses visualisasi dalam berkarya seni grafis cetak tinggi dengan inspirasi Jaranan Kepang Dhor Lamongan, serta mendiskripsikan bentuk karya seni grafis cetak tinggi dari hasil penciptaan dengan inspirasi Jaranan Kepang Dhor Lamongan. Selain itu dapat mengenalkan tentang Jaranan Kepang Dhor Lamongan.

Metode  dalam penciptaan karya seni grafis ini diawali dengan Identifikasi latar belakang masalah. Dalam identifikasi ini ada pengembaraan jiwa, pengamatan lapangan, dan penggalian sumber referensi dan informasi. Kemudian muncullah sebuah konsep, dimana didalamnya mencangkup tema, dan objek yang akan divisualisasikan, yaitu berupa bentuk-bentuk JarananKepangDhorLamongan. Setelah konsep benar-benar matang, langkah selanjutnya menentukan karakteristik karya dan menyiapkan alat dan bahan. Langkah selanjutnya, membuat sket diatas hardboad sesuai dengan konsep.  Tahapan utamanya yaitu mencukil hardboard dengan menggunakan pisau cukil, Setelah proses pencukilan selesai dilanjutkan proses pewarnaan dengan tinta offset menggunakan rol karet, kemudian mencetakkan hardboard pada kertas. Teknik yang digunakan dalam berkarya seni grafis adalah cukil reduksi yang hanya menggunakan satu lembar hardboard untuk menghasilkan banyak warna.

 

Hasil karya yang divisualisasikan menampilkan 8 karya seni grafis cetak tinggi dengan media estetik berupa titik, garis, bentuk dan ruang, warna, serta tekstur sebagai visualisasi ekspresi dari konsep. Bentuk-bentuk Jaranan sebagai objek utama pada karya lebih ditonjolkan. Melalui bentuk dari jaranan yang di wujudkan dalam karya seni grafis diharapkan mampu untuk memberikan dorongan batin dan pendidikan karakter kepada masyarakat untuk menjaga, menghargai serta mendalami arti pentingnya kesenian jaranan.