SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Redesain, Corporate Identity, Pringgondani, Repositioning-

FIQIH NINDYA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, FiqihNindya. 2016. Redesain Corporate Identity Pringgodani Tanggulangin Sidoarjo Sebagai Upaya Repositioning Perusahaan. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M. Sn, (II) Andreas Syah Pahlevi, S. Sn, M. Sn

 

Kata kunci: Redesain, Corporate Identity, Pringgondani, Repositioning

Pringgondani merupakan salah satu pengrajin kulit yang di JL.Raya Kludan no.36 Tanggulangin Sidoarjo, menyediakan berbagai macam produk salah satunya yaitu jaket kulit. Mempunyai produk utama jaket yang berbahan kulit asli. Pringgondani sebagai pengerajin kulit memiliki kualitas yang baik, banyaknya pengerajin di Tanggulangin membuat semakin ketatnya daya saing. Dalam mengalami persaingan diperlukan identitas yang lebih kuat sebagai upaya untuk membentuk positioning yang berbeda.

Redesain corporate Identity pengrajin kulit Pringgondani digunakan sebagai langkah awal untuk memperbaiki posisi Pringgondani dalam industri pengrajin kulit khususnya di Tanggulangin.Hal ini meningkatkan pentingnya sebuah corporate identity sebagai landasan untuk membuat media-media promosi. Dengan adanya redesain corporate identity maka pengrajin pringgondani mampu bersaing dikancah nasional, walaupun produk mereka dikenal bagus. Maka dari itu corporate identity yang baru dibutuhkan untuk membuat media-media promosi guna meningkatkan image perusahaan dimata masyarakat.

Perancangan ini menggunakan sistematika perancangan Alina Wheeler yang disesuaikan dengan kebutuhan.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam konsep perancangan ini penulis memfokuskan pada logogram dan logotype.

 

Perancangan ini menghasilkan sebuah corporate identity baru yang meliput ilogo, tagline, dan warna perusahaan. Bentuk Gatot kaca menjadi acuan pada logogram. Setiap elemen pada logo memiliki makna tersendiri yang diharapkan mampu memberikan citra positif dan meningkatkan eksistensinya ditengah masyarakat. Pada perancangan ini menghasilkan buku Graphic Standar Manual, stationery, sign system, uniform, packaging, dan merchandise. Sehingga hasil perancangan ini bisa dijadikan sebagai pedoman dalam mendesain corporate identity, baik bagaima mahasiswa, desainer grafis, pengajar dan lain sebagainya.