SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan I-Spring Pro untuk Materi Unsur-Unsur Seni Rupa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang.

Dita Nurul Abidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurangnya penjelasan oleh guru Seni Budaya di SMA Negeri 1 Tumpang mengenai teori dasar pengetahuan seni rupa pada materi unsur-unsur Seni Rupa serta pemanfaatan media yang kurang optimal, membuat siswa kesulitan dalam memahami materi dan kurang termotivasi dalam belajar seni. Maka dari itu, dikembangkan media untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar yaitu multimedia interaktif menggunakan I-Spring Prountuk materi-materi unsur-unsur Seni Rupa yang dikemas dalam bentuk CD interaktif.

Penelitian ini  menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan meliputi Define, Design, Development and Dissemination yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pada materi unsur-unsur Seni Rupa kelas X di SMA Negeri 1  Tumpang, dan sebagai media untuk menarik minat siswa mempelajari materi seni rupa yang memiliki spesifikasi antara lain, halaman utama berisi menu yang terdiri dari menu materi, menu kuis, dan menu profil, materi tentang unsur-unsur Seni Rupa, latihan soal (kuis), profil pengembang, dan buku panduan.

Hasil analisis multimedia interaktif menggunakan I-Spring Pro menunjukkan:(1) Hasil validasi media diperoleh skor 76% dengan kategori valid, (2) Hasil validasi materi diperoleh skor 96% dengan kategori sangat valid, (3) Multimedia interaktif menggunakan I-Spring Pro untuk materi unsur-unsur Seni Rupa berdasarkan uji coba pada siswa kelas X diperoleh skor sebesar 89% dengan kategori sangat valid atau layak. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini telah berhasil dikembangkan dengan menunjukkan rata-rata presentasesangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mandiri siswa.

 

Saran pemanfaatan media bagi pengguna yakni terlebih dahulu mempelajari dan memahami petunjuk penggunaan media. Multimedia interaktif ini digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dan sebagai sumber belajar mandiri siswa. Media ini dapat didiseminasikan kepada pendidik lain sebagai inovasi media pengajaran dalam proses pembelajaran Seni Budaya. Produk penelitian dan pengembangan selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru, sehingga siswa dapat tertarik dan termotivasi dalam proses pembelajaran.