SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Media Promosi Untuk Relaunching Produk Griya Manik

Dita Nurul Abidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Griya Manik merupakan produk manik-manik yang berada di desa Plumbon Gambang Gudo Jombang Jawa Timur. Manik-manik yang di produksi ini berbahan dasar limbah kaca yang diolah hingga menjadi rangkaian aksesoris. Kurangnya media promosi yang menarik dari Produk Griya Manik membuat Griya Manik menghadapi penurunan pendapatan dan produknya kurang diminati. Produk manik-manik yang di produksi tergolong produk ekseklusif. Perancangan ini dilaksanakan dengan tujuan merancang media promosi untuk relaunching produk Griya Manik sebagai sarana informasi yang menarik, efektif, kreatif, komunikatif, dan tepat sasaran guna meningkatkan citra positif produk Griya Manik. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data berupa data primer yaitu penelitian lapangan yang berbentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi Griya Manik, serta tahap pengumpulan data berupa data sekunder yang berbentuk penelitian pustaka. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh bahwa produk Griya Manik sudah dikenal oleh masyarakat Jombang dan sekitarnya, namun produknya belum terlalu diminati. Selain itu Griya Manik sendiri kurang adanya media promosi. Kemudian dilanjutkan proses sintesis, konsep perancangan, konsep verbal, konsep visual, dan desain final. Kesimpulan perancangan ini adalah merancang media promosi untuk

relaunching produk Griya Manik meliputi aplikasi logo, katalog, poster, brosur, banner, x-banner, stationary set, kemasan, baju, akun sosial media (Instagram dan facebook), POP, rak, sign board, desain toko, desain booth sebagai media promosi dengan bentuk visualisasi yang sesuai dengan ciri khas warna, fotografi, tipografi, serta media yang memperhatikan visualisasi namun juga memperhatikan konsep yang akan dirancang sehingga tujuan perancangan dapat terwujud.