SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Booklet Petunjuk Pembuatan Simplisia Kering Tanaman Salam (Syzygium Polyanthum (Wight.) Walp.) Bermuatan Karakter Dan Uji Kelayakan Angka Kapang Untuk Produk Home Industry Masyarakat Desa Argosuko

Restu Asri Restiani

Abstrak


ABSTRAK

 

Home industry adalah sektor yang memiliki peran penting untuk mensejahterakan masyarakat ekonomi rendah. Peran home industry mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Masyarakat ekonomi rendah di Kabupaten Malang kurang memahami terhadap potensi wanafarma yang ada di lingkungan sekitarnya yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Pemanfaatan tanaman untuk obat tradisonal dapat dikembangkan untuk produk home industry. Pembuatan obat tradisional dapat diolah dalam bentuk simplisia. Simplisia yang sudah jadi perlu diuji angka kapang khamir (AKK) hal ini bertujuan untuk mengetahui keamanan pada saat dikonsumsi.Berdasarkan survei pada tanggal 30 Mei 2016 yang dilakukan pada beberapa kecamatan di Kabupaten Malang menunjukkan bahwa Desa Argosuko Kecamatan Poncokusumo terdapat potensi tanaman salam yang melimpah. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat pada pemanfaatan tanaman obat untuk obat tradisional masih kurang. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan dan rasa ingin tahu pada masyarakat masih sangat rendah, makadariituperluditanamkanpendidikankarakterpadamasyarakatmelaluipenyuluhandalampembuatansimplisiakeringtanamanobatsalam. Penyuluhankepadamasyarakatdapatdilakukandenganmenggunakan media booklet.Tujuandaripenelitianiniadalah menghasilkanbooklet petunjuk pembuatan simplisia kering tanaman salam(Syzygium polyanthum (Wight.) Walp.) bermuatan karakter untuk produk home industry masyarakat Desa Argosuko.

Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembangan ADDIE.Jenis penelitianyaitu deskriptif kualitatif. Penelitianini dilaksanakan pada bulanJuni 2016 – April 2017.Tempatpenelitian di DesaArgosukoKecamatanPoncokusumoKabupaten Malang.Pengumpulan data menggunakanangket, wawancara, observasidanskorpenggunabooklet.

 

Hasil validasi media dan materi sebesar 100% menyatakan booklet tergolong sangat baik/ sangat validsehinggadapatdigunakandandisebarluaskan. Serta hasilujiskalakecilyaitu 100%, danujiskalabesar 97,69% yang tergolongsangatbaiksehinggadapatdigunakandandisebarluaskan.Hasiltespengetahuanmasyarakatsebelummenggunakanbooklet 62,14 dan sesudah menggunakanbooklet mejadimeningkatyaitu 91,35.