SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (SENI TARI) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TUMPANG

NORMA LIDYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran seni budaya di sekolah-sekolah masih banyak  menggunakan metode konvensional yang kegiatan pembelajarannya berpusat pada guru. Siswa di kelas yang kurang terlibat dalam  pembelajaranakan menjadi pasif. Siswa yang baik akan mengikuti pembelajaran secara aktif. Tingginya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat mempengaruhi penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar seni budaya (seni tari) siswa kelas VII SMP Negeri 02 Tumpang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tumpang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan VII E sebagai kelas kontrol sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pemecahan masalah sebagai variabel bebas dan hasil belajar seni budaya (seni tari) sebagai variabel terikat. Teknik pengumupulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, posttest, dan lembar penilaian praktik siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata hasil belajar seni budaya (seni tari) kelas eksperimen sebesar 90.9 kategori sangat baik lebih besar daripada kelas kontrol sebesar 76.5 kategori baik; (2) Berdasarkan uji hipotesis skor rata-rata hasil belajar seni budaya (seni tari) diperoleh nilai thitung  2.85 >  ttabel 2.03 dengan taraf signifikansi 0,05 (Sig ≥α) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima; (3) Hasil analisis data menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap  hasil belajar seni budaya (seni tari) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tumpang.

 

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa. Berkaitan dengan hal tersebut, guru lebih baik menggunakan metode-metode yang mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Siswa mampu berfikir kritis terhadap suatu hal dengan pengetahuan yang diperoleh dari masalah yang pernah mereka selesaikan. Sehingga hasil belajar yang mereka peroleh akan lebih baik.