SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Apresiasi Terhadap Kreativitas Pembelajaran Seni Tari Pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Trenggalek

Dinar Rinandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rinandi, Dinar. 2017. Pengaruh Apresiasi Terhadap Kreativitas Pembelajaran Seni Tari Pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Trenggalek. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd, (II) Kelik Desta Rahmanto, S.Sn, M.Pd.

 

Kata Kunci : apresiasi, kreativitas pembelajaran seni tari         

 

SMAN 1 Trenggalek merupakan SMA dengan potensi siswa tinggi. Terbukti dengan prestasi yang didapatkan oleh siswa di tingkat regional maupun nasional. Sekolah ini diatur sedemikian rupa oleh kurikulum, termasuk pada pembelajaran seni tari. Materi yang digunakan pada penelitian ini merupakan materi lanjutan dari semester sebelumnya, yaitu apresiasi. Penelitian ini mengaitkan potensi siswa dengan materi lanjutan tersebut, yang akhirnya menghasilkan produk berupa kreativitas, yaitu tari kreasi baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh apresiasi terhadap kreativitas pembelajaran seni tari pada siswa kelas X di SMAN 1 Trenggalek

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Treggalek, khusus untuk kelas tari yang terdiri dari tujuh kelas program IPA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa, dan siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t atau t test.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Nilai yang didapatkan siswa pada matapelajaran Seni Budaya  untuk kelas eksperimen terbilang lebih baik dari kelas kontrol; (2) Berdasarkan uji hipotesis nilai yang didapatkan adalah signifikansi 0,000, yang berarti nilai-t signifikan (p=0,000 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima; (3) Hasil analisis data menunjukkan bahwa apresiasi berpengaruh terhadap kreativitas pembelajaran seni tari di SMAN 1 Trenggalek.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan apresiasi yang dilakukan oleh siswa pada media yang berbeda memberikan pengaruh terhadap kreativitas pembelajaran seni tari. Berkaitan dengan hal tersebut, dapat diketahui bahwa siswa pada kegiatan pembelajaran apresiasi ini, mampu berkreativitas sesuai dengan aturan yang ditetapkan.