SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Board Game Pengenalan Satwa Endemik Indonsia untuk Anak-Anak

Dimas Putra Bagus Wedi

Abstrak


ABSTRAK

 

Wedi, Dimas Putra Bagus. 2017. Perancangan Board Game Pengenalan Satwa Endemik Indonsia untuk Anak-Anak. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman, S. Sn, M.Sn. (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn.,M,Sn.

 

Kata Kunci: Perancangan, Board Game, Satwa Endemik Indonesia, Anak-Anak

 

Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis yang merupakan habitat bagi ribuan satwa. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan  biodiversitas tertinggi di dunia.Dari sekian banyaknya satwa yang ada di Indonesia, sebagian merupakan satwa endemik (asli) Indonesia. Namun, masyarakat Indonesia masih belum  banyak yang  mengetahuinya. Dengan berkembangnya zaman pula, keberadaan satwa-satwa ini juga semakin tercancam. Oleh sebab itu diperlukan rasa kepedulian agar keberadaan mereka bisa tetap terjaga. Memupuk rasa kepedulian terhadap satwa ini, hendaknya bisa dilakukan sejak dini. Pengenalan satwa asli Indonesia kepada anak-anak bisa dilakukan melalui media yang dekat dengan keseharian mereka, dan permainan dirasa mampu untuk melakukan hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  merancang media permainan yang mampu mengenalkan satwa endemik Indonesia dengan baik.

Pemilihan board game sebagai media yang bisa mengenalkan satwa endemik Indonesia dirasa cocok karena merupakan permainan yang mudah dan sering dimainkan oleh anak-anak. Dalam perancangan media ini,  metode yang digunakan  adalah  metode perancangan prosedural bersifat deskriptif, yakni menggunakan langkah-langkah yang berurutan dan terstruktur dalam menghasilkan produk. Perancangan ini dimulai dari permasalahan, diikuti dengan pengumpulan data, analisis, sintesis dan tahap akhir berupa konsep perancangan. Dari proses yang sudah diikuti tersebut,  nantinya bisa diperoleh media yang tepat guna dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Hasil perancangan ini berupa board game dengan teknis permaianan yang mudah serta memuat informasi mengenai satwa endemik Indonesia. Permainan dirancang semenarik mungkin, dengan visualisasi yang baik, serta dengan mengabungkan beberapa mekanisme permainan board game agar lebih seru dan menantang. Pemilihan karakter, warna dan gaya desain juga disesuaikan dengan kepribadian anak-anak dengan tujuan agar anak-anak menyukai permainan ini dan bisa menumbuhkan rasa peduli serta cinta terhadap satwa endemik di Indonesia.