SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Buku Berbasis Fotografi Reyog Ponorogo Dalam Rangka Upaya Pelestarian Budaya Daerah

Ani Sri Wahyuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuti, Ani Sri. 2017. Buku Berbasis Fotografi Reyog Ponorogo Dalam Rangka Upaya Pelestarian Budaya Daerah. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, Ph.D, (II) Andhika Putra Herwanto, S.Sn, M.Sn

 

Kata Kunci: Buku Berbasis Fotografi, Kebudayaan, Pelestarian, Reyog Ponorogo

 

Ponorogo merupakan kota kecil dengan berbagai wisata alam serta wisata budaya. Wisata budaya yang sangat dikenal dengan Ponorogo adalah Reyog Ponorogo yang di dalamnya terdapat unsur tarian, bela diri, akrobat dan musik khas Ponorogo. Budaya ini merupakan tanda pengenal/identitas, rekam jejak, serta harta kekayaan dari Kota Ponorogo. Pemerintah serta masyarakat sangat mengapresiasi dan menjaga kebudayaan ini.

Reyog Ponorogo adalah wisata budaya yang kuat, namun tidak berarti sudah lolos dari masalah penjagaan budaya atau pelestarian budaya. Beberapa kasus Reyog Ponorogo sempat ingin dimiliki oleh daerah lain dan dipentaskan tanpa penyebutkan asal daerah, belum tentu semua masyarakat di luar Ponorogo pasti tahu asal Reyog Ponorogo meskipun pemerintah serta masyarakat Ponorogo gencar mempromosikannya. Oleh karena itu buku adalah media yang terpilih untuk melestarikannya. Buku merupakan media yang akan tetap bisa dipelajari oleh siapapun sepanjang waktu, sehingga ini merupakan media yang tepat untuk melestarikan Reyog Ponorogo agar budaya terjaga dan tetap sama hingga kapan pun.

Model perancangan yang digunakan adalah prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media. Tahapan tersebut meliputi kegiatan riset, analisis, sintesis, tem/keyword, strategi komunikasi, value/added, pemilihan media,  visualisasi dan produksi.

Pada kegiatan perancangan media pelestarian Reyog Ponorogo menghasilkan media yaitu buku berbasis fotografi dengan judul The Colorful Of Reyog Ponorogo, x-banner untuk menginformasikan buku, vandel dadak merak serta kaos.

Media ini diharapkan menjadi media yang efektif untuk melestarikan serta sekaligus mempromosikan Reyog Ponorogo. pembaca bisa merasakan atmosfer – atmosfer dari Reyog Ponorogo dan mampu memahami citra atau pesan yang akan disampaikan sehingga akan terjaganya tarian Reyog Ponorogo serta Kota Ponorogo mulai terekspos oleh dunia dan adanya wisatawan dari luar daerah maupun luar negeri yang akan datang ke Ponorogo