SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Company Profile “Indie Wedding Organizer” Sebagai Media Informasi berbasis Android

Yushin Indria Lola

Abstrak


ABSTRAK

 

Indie Wedding Organizer salah satu perusahaan jasa wedding organizer yang berada dikota Malang, mewadahi kreatifitas yang menyediakan lapangan pekerjaan. Indie Wedding Organizer memiliki serangkaian kegiatan dan aktif dalam menyapaikan promosinya. Kurangnya media promosi yang digunakan, membutuhkan perancangan media promosi yang tepat, agar dapat menarik calon kosumen untuk menggunakan jasa dan persewaan yang ada pada Indie Wedding Organizer.

Perancangan Company Profile “Indie Wedding Organizer”Sebagai Media Informasi berbasis Android ini menggunakan model perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto, dan telah disesuaikan terhadap kebutuhan perancangan. Prosedur perancangan ini diawali dengan mengidentifikasi dan mencari latar belakang masalah yang ada dilapangan, untuk mengetahui keadaan objek perancangan serta berbagai hal yang memiliki keterkaitan dengan objek  perancangan. Untuk mendapatkan data dalam kegiatan penelitian perancangan ini dilakukan metode pengambilan data melalui pendekatan kualitatif. Hal pertama yang dilakukan adalah proses pengambilan data pada pihak yang bersangkutan, pada tahap berikutnya adalah melakukan sintesis yang akan dijadikan acuan untuk menentukan langkah – langkah konsep perancangan yang selanjutkan akan dilanjutkan dengan melakukan proses kreatif yang akan diakhiri dengan final desain. Selanjutnya dilakukan kegiatan pameran hasil perancangan dan penulisan artikel untuk jurnal ilmiah.

 

 Perancangan Company Profile menghasilkan produk yang terhubung dengan aplikasi mobile yang dapat diakses menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android. Dengan format .apk yang dapat diinstal pada smartphone, aplikasi mobile dapat didownload melalui QR Code yang telah tersedia dimedia pendukung. Enam produk pendukung yakni, media sosial seperti instagram, facebook dan tumblr, x-banner, brosur, dan kaos.