SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Kartu Augmented Reality Tata Surya Sebagai Media Visual Pemateri Untuk Komunitas Pengamat Langit Universitas Negeri Malang

Brilian Manggala

Abstrak


ABSTRAK

 

Komunitas Pengamat Langit Universitas Negeri Malang atau yang biasa disebut Kapela UM adalah salah satu dari sekian komunitas di lingkup kampus Universitas Negeri Malang. Komunitas ini mewadahi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidan astronomi. Kapela UM memiliki serangkaian kegiatan dan aktif dalam pemberian materi. Siswa Sekolah Menengah Atas juga menjadi sasaran pemberian materi oleh kapela. Karenaya diperlukan media yang cocok untuk target audience pada kalangan tersebut.

Perancangan Kartu Augmented Reality Tata Surya Sebagai Media Visual Pemateri Untuk Komunitas Pengamat Langit Universitas Negeri Malang ini menggunakan model 4D oleh Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd., dan telah disesuaikan terhadap kebutuhan perancangan. Langkah-langkah model ini adalah define, data, design, dan disseminate. Model 4D merupakan salah satu model perancangan prosedural. Model tersebut menggambarkan tahapan langkah-langkah kerja secara prosedural. Pada tahap define dilakukan penetapan dan batasan perancangan. Pada tahap data dilakukan eksplorasi data referensi dan lapangan untuk dianalisis sintesis, upaya ini sebagai dasar penentuan konsep perancangan. Pada tahap design dilakukan perancangan media promosi berdasarkan konsep yang telah ditentukan. Pada tahap disseminate dilakukan kegiatan pameran hasil perancangan dan penulisan artikel untuk jurnal ilmiah.

Dengan judul “Perancangan Kartu Augmented Reality Tata Surya Sebagai Media Visual Pemateri Untuk Komunitas Pengamat Langit Universitas negeri Malang” menghasilkan sebuah produk yaitu kartu tata surya yang terhubung dengan aplikasi mobile yang dapat diakses menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android. Dengan spesifikasi masing-masing satu set kartu tata surya yang berjumlah 12 buah dan aplikasi mobile dengan format .apk yang dapat diinstal pada smartphone dengan sistem operasi Android. Software yang digunakan Blender dan Unity. Satu set kartu bisa didapatkan melalui Kapela sedangkan aplikasi mobile dapat didownload melalui QR Code yang telah tersedia di media pendukung termasuk pada kemasan kartu tata surya itu sendiri. Serta lima produk pendukung yakni, media sosial instagram, kemasan kartu, poster, x-banner, dan sticker.

 

Berdasarkan hasil perancangan dapat disimpulkan bahwa sebelum merancang media promosi diperlukan research sebagai sumber data dalam perancangan. Research yang dilakukan terkait dengan permasalahan yang ingin diselesaikan oleh Komunitas Pengamat Langit Universitas Negeri Malang dan target audience mereka yaitu siswa Sekolah Menengah Atas. Dengan melakukan research, memudahkan kita dalam membuat perancangan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Perancangan ini telah digunakan oleh kapela sebagai media visual dari materi yang mereka sampaikan dan mendapatkan apresiasi serta respon yang baik dari audience. Media ini sebaiknya ditunjukan kepada masyarkat sebagai media informasi yang menghibur dan edukatif.