SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rumah Permukiman di Kawasan Urban sebagai Sumber Eksplorasi dan Ekspresi dalam Penciptaan Karya Seni Grafis Cetak Tinggi

mellyana kinwardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Rumah bukan lagi sekedar tempat tinggal untuk menghindari hujan dan panas, tetapi memberikan ketenangan, kesenangan, bahkan kenangan akan segala peristiwa dalam kehidupannya. Dengan semakin berkembangnya manusia dan teknologi, kebutuhan manusia akan rumah semakin bertambah dan berkembang. Rumah secara terus menerus dibangun secara tidak terkendali. Pembangunan rumah dalam kawasan permukiman urban yang tidak terkendali, dapat menimbulkan berbagai masalah, yang dapat merendahkan nilai-nilai kemanusiaan yang menyangkut aspek fisik, keadaan sosial maupun moralitas, yang berdampak pada ketidak tenangan dan ketidak stabilan hidup.

Metode  dalam penciptaan karya seni grafis ini diawali dengan identifikasi latar belakang masalah. Dalam identifikasi ini ada pengembaraan jiwa, pengamatan lapangan, dan penggalian sumber referensi dan informasi. Kemudian munculah sebuah konsep, dimana didalamnya mencangkup tema, dan objek. Setelah konsep benar-benar matang, langkah selanjutnya menentukan karakteristik karya dan menyiapkan alat dan bahan. Langkah selanjutnya, membuat sket diatas hardboad sesuai dengan konsep.  Tahapan utamanya yaitu mencukil hardboard dengan menggunakan pisau cukil, setelah proses pencukilan selesai dilanjutkan proses pewarnaan dengan tinta offset menggunakan rol karet, kemudian mencetakkan hardboard pada kertas. Proses pencukilan kembali dilakukan secara terus-menerus untuk memunculkan warna berikutnya sampai gambar terlihat jelas sesuai yang diinginkan. Teknik yang digunakan dalam berkarya seni grafis adalah cukil reduksi yang hanya menggunakan satu lembar hardboard untuk menghasilkan banyak warna.

 Hasil karya yang divisualisasikan menampilkan 8 karya seni grafis cetak tinggi dengan media estetik berupa titik, garis, bentuk dan ruang, warna, serta tekstur sebagai visualisasi ekspresi dari konsep. Bentuk-bentuk rumah sebagai objek utama pada karya lebih ditonjolkan. Bentuk rumah permukiman urban yang muncul dalam karya, jauh dari bentuk realistik, ditampilkan dengan mengalami perubahan bentuk imajinatif sehingga menghasilkan bentuk-bentuk yang lebih berkarakter.

 

Melalui bentuk dan suasana rumah permukiman di kawasan urban yang di wujudkan dalam karya seni grafis diharapkan mampu untuk memberikan dorongan batin dan pendidikan karakter kepada masyarakat untuk menjaga, menghargai serta mendalami arti pentingnya keberadaan rumah terhadap kehidupan manusia. Selain itu, karya seni ini nantinya diharapkan mampu menjadi salah satu contoh bentuk eksplorasi dan ekspresi pada proses pembeajaran seni di sekolah dimana mengambil fenomena-fenomena penting di lingkungan sekitar.